Tips Dalam Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Perawatan Kulit BayiPerawatan Kulit Bayi – Para ibu yang memiliki bayi pasti sangat peduli dengan kesehatan kulit bayi mungil. Kulit bayi yang halus dan sensitif perlu diperhatikan secara khusus. Berikut beberapa tips merawat kulit bayi yang bisa memudahkan Anda:

Bayi biasanya dimandikan dengan air hangat. Namun jangan terlalu panas. Air terlalu panas akan membuat kulit si kecil kering. Temperatur yang tepat untuk air mandi bayi adalah sekitar 37-38 derajat celcius. Gunakan produk mandi khusus bayi. Jangan pernah mencoba memandikan bayi Anda dengan sabun untuk dewasa. Kandungan yang ada di dalam sabun itu terlalu kuat bagi kulit lembut bayi Anda.

Setelah mandi, pijat tubuh si kecil dengan menggunakan baby lotion. Selain akan menambah kelembaban kulit, pijatan lembut akan membuat si baby lebih rileks.

Hati-hati saat memakaikan popok, terutama popok sekali pakai. Popok sekali pakai biasanya akan membuat kulit bayi memerah. Jangan terlalu ketat saat memakaikan popok agar kulit bayi tidak memerah bahkan terluka.

Cuaca juga bisa membuat kulit bayi terganggu. Jika udara sedang kering, sebaiknya sering-sering oleskan kulit bayi dengan lotion khusus. Hal itu akan membuat si baby terhindar dari iritasi kulit.

Saat memilih busana untuk si kecil, pastikan bahannya terbuat dari katun 100 persen. Bahan katun bisa menyerap keringat dan lembut di kulit bayi. Si kecil pasti nyaman memakainya.

Saat memilih produk perawatan kulit, pastikan produk tersebut terbuat dari bahan yang organik. Terlalu banyak bahan kimia akan merusak kulit si kecil.

Cuci bersih dulu pakaian yang baru dibeli sebelum dipakai agar kesehatan kulit bayi selalu terjaga. Pencucian ini sangat berguna meluruhkan zat warna dan zat kimia yang digunakan dalam proses pembuatan dan pencucian dengan bahan kimia (laundrying atau dry cleaning), untuk menghindari iritasi pada kulit bayi.

Cermat untuk pemakaian tisu basah. Bila bayi Anda menunjukkan reaksi alergi, misalnya kulit menjadi kemerahan, segera stop pemakaian tisu basah tersebut. Alkohol yang terkandung dalam tisu basah juga dapat membuat kulit bayi kering.

No Response

Leave a reply "Tips Dalam Menjaga Kesehatan Kulit Bayi"