Tips dan Trik Kesehatan Perawatan Mandi Bayi

perawatan mandi bayi yang benarPerawatan BayiMenjaga perawatan bayi tentu sangatlah penting demi proses pertumbuhan dari sang buah hati. Menjaga sang buah hati agar kesehatan selalu terawat memang sudah menjadi kewajiban orang tua. Tetapi bagaimana dengan orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi? memang untuk para orang tua yang sudah berpengalaman merawat bayi itu mudah.

Tetapi untuk para orang tua yang belum pernah memiliki pengalaman membutuhkan bantuan dari orang-orang terdekat yang sudah berpengalaman merawat anak. Perawatan bayi yang tepat harus diterpakan oleh orang tua agar sang buah hati bisa tumbuh dengan sehat.

Ini dia berberapa tips dan trik untuk para orang tua yang mungkin kurang tahu tentang perawatan bayi mandi yang baik dan benar.

1. Mandi dengan baby oil

Jangan biarkan bayi Anda mandi dengan air biasa. Kulit si kecil masih sangat halus dan sensitif sehingga tidak mudah untuk beradaptasi dengan air yang biasa digunakan oleh orang dewasa untuk mandi.

Karena itu pastikan air mandi untuk bayi Anda tidak terlalu dingin maupun panas. Tambahkan juga beberapa tetes baby oil tanpa pewangi ke dalamnya. Langkah ini perlu dilakukan agar kulit anak senantiasa halus dan lembab.

2. Jangan pakai sabun anti bakteri

Sabun dengan bahan anti bakteri biasanya sangat keras dan tidak cocok dengan kulit bayi. Hindari sabun jenis ini agar kulit sang buah hati tidak teriritasi.

3. Pastikan kulit bayi kering setelah mandi

Saat Anda mengeringkan bayu Anda dengan handuk, pastikan tidak ada bagian tubuh bayi yang terlewatkan. Keringkan kulit si kecil Anda hingga ke lipatan-lipatan kulit termasuk belakang telinga, siku, dan belakang lutut bayi.

4. Pakai body lotion

Kulit bayi juga butuh body lotion agar kulit mereka lembab. Karena itu seusai mengeringkan bayi dengan handuk jangan lupa oleskan body lotion khusus bayi tanpa pewangi dan pewarna secara merata ke seluruh kulit tubuh mereka.

5. Jangan terlalu sering memandikan bayi

Prinsip ini berlaku saat udara sangat dingin. Cuaca dingin dengan kadar udara yang rendah dapat membuat kulit si kecil menjadi kering. Karenanya, jangan sering memandikan si bayi saat cuaca sedang dingin.

Itulah kelima cara tepat untuk merawat kulit bayi Anda yang masih sensitif. Selain itu, hindari penggunaan bahan-bahan yang tak terlalu esensial bagi bayi Anda agar kulitnya selalu terjaga.

 

No Response

Leave a reply "Tips dan Trik Kesehatan Perawatan Mandi Bayi"