Tips Dan Trik Memandikan Bayi Yang Benar

Perawatan BayiPerawatan Bayi – Memandikan bayi bisa jadi merupakan salah satu kegiatan yang baru bagi Ibu yang baru melahirkan anak pertama. Sebagian ibu muda, masih sering takut-takut dalam memandikan bayi, bahkan ada yang tidak berani seperti emaknya si kecil di rumah tuh.. Hihihihi. Ketika anak saya dulu masih berusia sampai satu bulan, dimandikan 1 kali sehari.

Rutinitas memandikan ini dilakukan nenek dan kadang-kadang saya sebagai seorang Bapak juga memandikan si kecil. memandikan atau merawat bayi baru lahir biasanya dilakukan jam 7 pagi, karena waktu itu kami di Kota Padang jadi jam tujuh itu suhu udara sudah tidak terlalu dingin lagi. Ketika bayi memasuki usia lebih dari sebulan, mulai dimandikan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di sore hari setelah Azan Ashar.

Jika ibu bertanya; berapa lama memandikan bayi usia 1 – 2 bulan? Maka konsep yang perlu dipahami dalam hal memandikan anak adalah konsep bersih, semakin ceptat selesai mandi semakin baik. Kalau waktu yang bisa saya perkirakan kurang lebih 3 menit. Berikut adalah Cara memandikan bayi yang benar.

1. Mandikan bayi di ruangan yang hangat. Usahakan bak mandi bayi ditaruh di tempat yang permukaannya bersih, kering dan aman bagi si kecil.

2. Pastikan bayi Anda sudah kenyang dan tenang sebelum dimandikan. Pilih waktu mandi saat bayi terlihat rileks.

3. Tes dulu kondisi air yang akan digunakan bayi mandi dengan lengan atau siku Anda. Air mandinya harus hangat dan nyaman untuk bayi.

4. Jika Anda belum terlalu percaya diri memandikan bayi dengan bak mandi, Anda bisa menaruh bayi di atas permukaan yang datar. Terlebih dulu, taruh dulu handuk di atas permukaan datar tersebut. Jangan pernah meninggalkan bayi untuk alasan apapun selama bayi mandi.

5. Lepaskan pakaian bayi dan sebaiknya saat memandikan gunakan waslap atau spons mandi yang lembut selama tali pusar bayi belum lepas.

6. Untuk membersihkan mata bayi, celupkan kapas ke dalam mangkuk air bersih dan hangat. Jangan gunakan sabun. Gunakan kapas baru untuk membersihkan mata bayi yang satunya.

7. Untuk bagian tubuh lainnya, basuh waslap ke badan bayi dengan pelan dan lembut. Mulai dari wajah, belakang telinga dan lehernya lalu turun ke tubuhnya, tangan dan kakinya.

8. Jika ingin mengeramasi bayi, gendong bayi di lengan ibu. Gunakan waslap untuk membasahi rambutnya secara lembut dan bilas dengan hati-hati agar busa shampo tidak masuk ke mata bayi. Perlu diingat, bayi tidak perlu keramas setiap hari, cukup 1-2 minggu sekali.

9. Dengan waslap yang bersih, bersihkan pantat bayi dari depan ke belakang.

10. Setelah selesai mandi, angkat bayi perlahan-lahan dari bak dan letakkan di atas handuk yang kering dan bersih. Lalu dengan handuk usap seluruh badan bayi sampai benar-benar kering. Usahakan bayi merasa hangat dan kering.

No Response

Leave a reply "Tips Dan Trik Memandikan Bayi Yang Benar"