Tips Diet Sehat dan Aman Selama Menyusui

No comment 181 views

Tips Diet Sehat

Masa menyusui merupakan masa yang tidak kalah pentingnya bagi janin Anda. Di masa ini, bayi Anda yang terlahir dengan selamat ke dunia, membutuhkan nutrisi-nutrisi tambahan yang diperlukannya untuk mendukung tumbuhkembangnya. Dan satu-satunya sumber nutrisi terbaik untuknya berasal dari ASI. Mengingat betapa pentingnya pemberian ASI di 6 bulan pertama sejak bayi dilahirkan, tidak mengherankan jika pemerintah mencanangkan program ASI eksklusif 6 bulan yang terus digalakkan hingga kini. Salah satu cara untuk memproduksi ASI dengan kualitas terbaik adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah beberapa tips diet sehat dan aman selama menyusui yang dapat Moms terapkan.

Basically, kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh ibu menyusui rata-rata sekitar 400-500 kalori lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui. Akan tetapi, patokan kalori tersebut tidak dapat diterapkan pada semua ibu menyusui, karena tiap wanita memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, yang bergantung pada berat badan, sistem metabolisme tubuh, frekuensi bayi menyusui, serta intensitas olahraga. Sehingga diet sehat dan aman selama menyusui pun perlu merujuk pada faktor-faktor di atas.

Akan tetapi jika ditarik secara garis besar, maka kebutuhan dasar dari ibu yang menyusui adalah konsumsi makanan-makanan yang bergizi, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi. Makanan-makanan berprotein tinggi seperti kacang-kacangan, telur, susu, dan daging ikan, daging sapi, dan daging ayam rendah lemak.

Konsumsi sayuran hijau, seperti daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI, selain itu sayuran hijau seperti bayam dan bunga kol kaya akan zat besi, asam folat, dan nutrisi-nutrisi lain yang penting untuk membantu perkembangan bayi. Sayuran dengan warna cerah yang lain, seperti wortel dan tomat kaya akan vitamin juga akan membantu memperkuat daya tahan tubuh bayi.

Pemberian ASI juga berarti tubuh Anda akan kehilangan cairan lebih banyak, sehingga Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih. Mengkonsumsi banyak air putih tidak hanya dapat menjaga agar Anda terhindar dari dehidrasi, jumlah ASI yang dapat Anda berikan pada bayi Anda pun semakin banyak.

Satu hal yang paling obvious adalah, Anda perlu menghindari konsumsi makanan-makanan olahan dan berpengawet. Alasannya adalah hampir semua jenis makanant tersebut memiliki kandungan gizi yang sangat sedikit, dan tidak memberikan manfaat apapun untuk Anda maupun untuk bayi Anda.

Nah, semoga tips diet sehat dan aman selama menyusui ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips Diet Sehat dan Aman Selama Menyusui"