Tips Melatih Anak Usia Dini Untuk Berpuasa

No comment 2609 views

Tips Melatih Anak Usia Dini Untuk BerpuasaAnak berpuasa – puasa merupakan suatu kewajiban bagi masayarakat muslim tentunya bagi yang sudah baligh, anak anak pun juga dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa yang biasa diakukan oleh orang dewasa, tetapi tentunya mereka tidak langsung melakukan puasa yang seharian penuh. Anak puasa tentunya harus latihan dahulu untuk bisa berpuasa seharian penuh.

Dan berpuasa bagi anak anak bukan merupakan suatu kewajiban, tetapi sebagai orang tua harus melatih anak untuk melakukan ibadah puasa, lalu bagaimana tips orang tua untuk melatih anak berpuasa?

Berikut tips melatih anak berpuasa:

1. Sesuai dengan kemampuan anak, orang tua bisa membagi tahapan puasa anak, contohnya anak disuruh berpuasa, tapi tidak seharian penuh, tapi mulai subuh sampai dengan dzuhur, lalu dilanjutkan lagi mulai dzuhur sampai dengan magrib. Dan hari selanjutnya berpuasa dari subuh sampai dengan ashar. Dan jika dirasa anak mampu, dihari selanjut disuruh untuk berpuasa sampai dengan magrib.

2. Dengan cara membuat mainan untuknya, lalu mengajak bermain bersama seperti kisah kaum anshar yang ada di madinah pada saat puasa asy syura’. Contohnya mengajak anak untuk pergi ke masjid. Jika anak sudah dianggp mampu dalam menjalankan ibadah puasa dengan kondisi yang baik dan prima, juga motivasi dari orang tua sangat dibutuhkan untuk menjaga puasa anak tetap konsisten.

3. Berilah hadiah untuk anak yang bersifat mendidik yang bisa melupakan anak dari keinginan berbuka sebelum waktunya.

4. Mengadakan berbuka bersama baik di lingkup keluarga maupun di lingkup masjid, hal ini akan membuat anan menjadi semangat untuk menjalankan puasa hari berikutnya dan bisa mempererat hubungan antara mereka.

5. Memberi pujian pada anak yang menunjukan anak memiliki kemampuan yang hebat karena sudah kecil bisa melakukan ibadah puasa. Mungkin contoh kalimatnya seperti “wah anak ibu sudah pintar, masih kecil sudah bisa melakukan ibadah puasa”.

6. Memberitahukan bahwa Allah dan Rasul sangat senang kepda orang yang melakukan puasa, terutama bagi anak kecil seperti anak bunda. Dan bagi anak berpuasa akan mendapat balasan yang baik, yaitu berupa syurga.

Baca Juga Sulit hamil? Baca Tips cepat hamil ini!

author
No Response

Leave a reply "Tips Melatih Anak Usia Dini Untuk Berpuasa"