Tips Membuat Bayi Berhenti Menangis Yang Efektif

crying-baby-image

Ketika bayi menangis, tentunya hal pertama yang tiap orangtua lakukan adalah segera datang dan berusaha menenangkannya. Menangis memang merupakan satu-satunya cara berkomunikasi bayi yang ia ketahui, terlebih karena ia masih belum dapat berbicara dengan bahasa manusia pada umumnya. Namun ada kalanya tangisan bayi tersebut membuat orangtua, terutama ibu, merasa frustrasi. Anda telah mencoba berbagai macam cara untuk menenangkan si kecil, namun tangisnya tidak kunjung reda. Apa yang harus dilakukan? Nah, simak tips membuat bayi berhenti menangis berikut ini yuk, Moms.
Membedong Bayi
Bayi tidak jarang terbangun dari tidurnya yang lelap akibat refleks kaget, dan sebagai efeknya hal tersebut membuatnya menangis. Untuk membantu mengatasi bayi terbangun gara-gara refleks kaget ini adalah dengan membedong si buah hati. Membedong juga dapat membuat bayi merasa hangat serta nyaman. Maka dari itu tips membedong bisa menjadi tips membuat bayi berhenti menangis yang sangat efektif.

Hanya saja, Anda perlu mengetahui teknik membedong bayi yang benar. Salah satunya, hindari membedong bayi dengan ikatan yang terlalu erat. Membedong bayi yang terlalu erat dapat berefek pada pertumbuhan tulang kaki dan panggulnya, contohnya adalah displasia panggul. Membedong bayi dengan ikatan yang terlalu longgar juga sangat berbahaya karena kain yang terlepas tersebut dapat menutupi hidung dan mulut bayi sehingga mengakibatkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), atau sindrom bayi meninggal mendadak.
• Menyesuaikan Lingkungan Sekitar Untuk si Kecil
Bayi yang menangis bisa juga karena ia merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya. Coba periksa lingkungan di sekitar kamar tidur si kecil. Apakah lingkungan di sekitarnya terlalu berisik sehingga ia tidak dapat tidur? Atau justru terlampau sepi? Awasi juga cahaya lampu yang menerangi kamar tidur si kecil.Tiap bayi memiliki preferensi yang berbeda-beda. Beberapa bayi lebih suka tidur dengan kondisi lingkungan yang tenang sedangkan bayi yang lain justru lebih nyaman dengan lingkungan yang sedikit ramai.

Beberapa bayi juga lebih suka tidur dengan tidak ada pencahayaan sama sekali, namun beberapa bayi lebih senang tidur di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minimal. Ketahui preferensi anak Anda dan sesuaikan lingkungan di sekitar kamarnya sesuai dengan kesukaan anak Anda.

Bagaimana jika Anda sudah melakukan tips membuat bayi berhenti menangis di atas, namun bayi masih saja menangis kencang? Maka Anda perlu waspada karena bisa jadi tangisan dari bayi Anda merupakan gejala dari penyakit. Jika tangisan bayi tersebut disusul dengan gejala-gejala lain seperti bayi enggan menyusui atau bayi terkena demam tinggi, segera hubungi dokter ya Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips Membuat Bayi Berhenti Menangis Yang Efektif"