Tips Memilih atau Menentukan Susu Formula Bayi Terbaik

Tips Membeli susu formula bayi yang tepatSusu Bayi – Susu formula bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan anak-anak. Mereka berfungsi sebagai pengganti ASI. Susu formula memiliki peranan yang penting dalam makanan bayi karena seringkali bertindak sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi.

Karenanya, komposisi susu formula yang diperdagangkan dikontrol dengan hati-hati dan FDA (Food and Drugs Association/Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) mensaratkan produk ini harus memenuhi standard ketat tertentu.Bagaimana FDA mengatur Susu Formula?

setiap merk susu formula memiliki kandungan yang berbeda-beda. Susu formula dengan merk terkenal dan berharga mahal belum tentu cocok untuk bayi anda. Pada dasarnya, komposisi susu formula dibuat agar bisa menyamai ASI dari ibu, walaupun tidak bisa sebaik ASI. Saat ini kandungan dalam susu formula semakin berkembang dan kaya nutrisi, seperti AHA/DHA, FOS dan GOS, Omega 3 dan 6, beta karoten, prebiotik, dan lain sebagainya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih susu formula terbaik untuk bayi anda:

  • Pilihlah susu formula yang memiliki kandungan nutrisi paling banyak, sesuaikan juga dengan budget anda.
  • Pilihlah susu formula yang sesuai dengan karakteristik bayi anda. Misalnya jika bayi anda hiperaktif, maka berilah susu formula yang kandungannya sesuai untuk bayi hiperaktif.
  • Jangan langsung percaya dengan rekomendasi dari orang lain tentang susu formula, karena belum tentu bayi anda cocok.
  • Jangan bergonta-ganti susu formula untuk bayi anda, karena dapat menyebabkan diare.

Berikut ini kandungan nutrisi tambahan yang sering kita jumpai dalam susu formula dan mungkin perlu kita pahami fungsinya :

1. AA (arachidonic acid) atau disebut juga AHA atau ARA. Ini merupakan unsur yang berperan penting dalam pembentukan jaringan otak sehingga sangat kondusif bagi perkembangan otak bayi.

2. DHA (docosahexaenoic acid). Hampir sama seperti AA / AHA / ARA, maka DHA juga berfungsi membantu perkembangan otak dan indera penglihatan.

3. LA (linoleic acid). LA adalah asam lemak yang sangat berguna untuk perkembangan otak dan mental bayi. Fungsi LA sejalan dengan kandungan susu formula sebelumnya yaitu AA dan DHA.

4. FOS (fructo oligo sakarida) dan GOS (galakto oligo sakarida). Fungsi FOS dan GOS adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri yang baik, dan membatasi jumlah bakteri patogen yang tidak baik.

5. Beta karotene dan Lactoferin. Beta karotene dan laktoferin merupakan kandungan susu formula yang berfungsi sebagai anti oksidan serta  untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

6. Kolin. Ini merupakan bagian dari vitamin B. Fungsi kolin adalah untuk mencegah membran sel agar tidak mudah bocor atau rapuh, sehingga proses peremajaan sel berjalan baik.

7. Prebiotik. Prebiotik merupakan unsur penting dalam susu formula. Fungsi prebiotik adalah menyempurnakan sistem pencernaan bayi serta agar bayi terhindar dari sembelit.

8. Omega 3 dan Omega 6. Asam lemak omega 3 dan omega 6 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak dapat dihasilkan tubuh kita.

No Response

Leave a reply "Tips Memilih atau Menentukan Susu Formula Bayi Terbaik"