Tips Memilih Sepeda untuk Anak yang Aman

Hari Natal tinggal menghitung hari dan pastinya Anda sekeluarga sudah lama menanti-nantikannya. Satu acara yang paling dinanti-nantikan anak-anak adalah momen saat mereka mendapatkan kado dari Anda, sudahkah Anda mendapatkan ide kejutan sempurna buat mereka? Lupakan game consoles dan permainan pasif lainnya, ada baiknya Anda memberikan kado yang membuat mereka rajin bergerak aktif di luar rumah seperti sepeda kayuh. Katalog Ibu akan bantu Moms mendapatkan kado sepeda yang tepat dengan tips memilih sepeda untuk anak berikut ini. Just keep reading!

  • Pilih Sepeda dengan Ukuran yang Pas

Tips memilih sepeda untuk anak yang pertama adalah, pilihlah sepeda dengan ukuran yang pas sesuai dengan tinggi anak Anda. Jangan sampai jok sepeda terlalu tinggi hingga mengakibatkan si kecil tidak dapat menjejak tanah dengan mudah. Tapi juga berhati-hati untuk tidak memilih sepeda berukuran terlalu kecil hingga mengakibatkan lututnya beradu dengan stang sepeda saat ia mengayuh sepedanya.

Kalau Moms ragu-ragu, Anda bisa mengajaknya untuk berbelanja sepeda agar ia bisa mencoba langsung. Berbelanja sepeda dengan anak Anda bisa jadi aktivitas di akhir minggu yang menyenangkan lho! Antusiasme  si kecil juga bisa jadi lebih meningkat jika Anda mengajaknya hunting sepeda bersama-sama.

  • Pilih Sepeda dengan Berat yang Ringan

Obviously, sepeda yang terasa ringan saat dikendarai bakal membuat anak Anda menjadi lebih betah berolahraga sepeda. Sebaliknya, sepeda dengan dual-suspension (walaupun harganya cenderung lebih murah) akan terasa berat sehingga bisa jadi mengakibatkan si kecil kehilangan minat untuk berolahraga.

Jadi Katalog Ibu sarankan untuk sedikit beranilah untuk mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli sepeda yang decent. Atau Anda juga bisa lho membeli sepeda bekas dari merk yang berkualitas tinggi. Biasanya sih, harganya lebih murah daripada sepeda baru tapi tetap memiliki kualitas yang setara kok.

  • Memilih Sepeda dengan Rem yang Pakem

Jangan lupa juga memilih fitur pengaman sepeda, yaitu rem. Kebanyakan sepeda saat ini menggunakan rem tangan sehingga memudahkan anak dalam menghentikan laju sepedanya. Tidak perlu khawatir bahwa si kecil akan terpelanting ke depan saat ia mengerem sepedanya, terutama jika ia hanya bersepeda di kawasan perumahan yang memiliki tipe jalanan landai.

  • Jangan Lupa Membelikannya Helm

Tidak hanya sepeda, Anda juga wajib membelikan aksesoris pelindung seperti helm atau knee dan elbow caps. Beberapa orangtua memang lebih prefer untuk tidak membelikan pelindung siku atau lutut, tapi helm tetaplah wajib dimiliki. Helm sepeda tersebut harus memiliki ukuran yang pas, dengan tali yang mengunci helm dengan sempurna, tanpa membuat si kecil tercekik.

Demikianlah beberapa tips memilih sepeda untuk anak. Semoga bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih Sepeda untuk Anak yang Aman"