Tips Mencuci dan Merawat Bantal Anak

No comment 3190 views

Merawat Bantal Anak

Merawat Bantal Anak – Bantal merupakan bagian dari perlengkapan tidur anak yang bisa memperindah suasana kamar sekaligus menambah kenyamanan buah hati ketika tidur. Masalahnya, jika bantal anak kesayangan anak tidak dirawat, justru dapat membuat kondisi kesehatannya terganggu.

Fungsi dan bentuk bantal anak bermacam-macam, ada yang digunakan untuk sebagai teman tidur dan bahkan difungsikan sebagai bantal hias untuk dekorasi kamar anak. Bantal hias ini biasanya digunakan saat menonton televisi, belajar, membaca buku, ataupun teman bermain. Agar bantal si Kecil tetap bersih dan terawat, berikut ini beberapa tips merawat bantal anak yang perlu Anda perhatikan:

  • Bantal Hias

Sebelum membersihkan bantal hias anak, perhatikan terlebih dahulu ketebalan bulu yang ada serta bagian yang mungkin robek atau berlubang. Segera perbaiki bagian yang lubang tersebut dengan cara menjahitnya supaya pada saat membersihkannya, isi bantal dekorasi kamar anak ini tidak semburat kemana-mana.

Merawat bantal hias tidak selalu dengan cara mencucinya. Jika tidak terlalu kotor, menyemprotkan cairan pelembut pakaian secara merata dan mengeringkannya dengan pengering pun sudah cukup. Cara ini juga bisa Anda lakukan sebagai perawatan sehari-hari untuk menjaga bantal hias tetap cantik, bebas debu dan bebas kuman.

Jika kondisi bantal anak ini kotor, Anda perlu mencucinya sampai bersih dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci, kemudian mencucinya dengan air dingin dan kecepatan ringan. Cara ini dapat membantu merawat serta membersihkan kotoran dan kuman tanpa merusak kondisi bantal hias. Tambahkan pelembut pakaian pada proses pencucian supaya bantal lebih lembut, wangi, dan nyaman dipeluk.

Untuk perawatan bantal anak secara manual dengan tangan, Anda tidak perlu menambahkan deterjen terlalu banyak pada rendaman air dingin, serta jangan menguceknya kuat atau menyikatnya. Setelah bersih, letakkan bantal hias di bawah sinar matahari langsung supaya panas matahari bisa menembus sampai bagian dalam dekorasi kamar anak tersebut.

  • Bantal Tidur

Bantal tidur anak bisa beragam jenis dan bentuknya, ada yang terbuat dari bahan sintetis, katun, dan sebagainya. Untuk perlengkapan tidur yang paling sering bersentuhan dengan kepala anak-anak ini, Anda tetap gunakan kecepatan ringan saat merawat sekaligus mencuci dengan mesin tetapi tekanlah tombol extra rise saat membilasnya. Cara ini dapat membantu menghilangkan sisa-sisa deterjen yang masih tertinggal di dalam bantal sampai bersih.

Anda juga disarankan menggunakan mesin pengering dengan dua kali putaran untuk mengeringkan bantal tidur anak, untuk memastikan bahwa bantal tidur anak ini benar-benar kering sampai ke dalam. Setelah itu Anda bisa meletakkannya di udara terbuka yang terkena sinar matahari langsung agar semua kuman mati.

Beda bantalnya, beda juga cara merawat bantal anak, bukan? Hal yang paling penting adalah Anda perlu rutin membersihkan dekorasi kamar anak ini untuk menjaga kesehatan si Kecil. Dengan demikian, keceriaan buah hati akan terus bertambah dan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan bisa dicegah.

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Mencuci dan Merawat Bantal Anak"