Tips Mencuci Sprei Berbahan Katun

No comment 1021 views

Tips Mencuci Sprei

Tips Mencuci Sprei – Apakah Anda sangat suka dengan sprei berbahan katun? Perlengkapan tidur berbahan katun ini memang menawarkan kenyamanan eksklusif bagi penggunanya karena teksturnya yang lembut dan nyaman di kulit. Tentu Anda tak ingin sprei katun mudah rusak dan tak bisa dipakai lagi bukan? Nah kalau begitu, ayo simak beberapa tips mencuci sprei katun yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Tips Mencuci: Cuci Terpisah

Untuk membuat serat katun tetap tahan lama, pisahkanlah sprei katun dengan bahan tekstil lainnya saat hendak dicuci. Hal ini juga akan mencegah serat sprei tercerabut akibat tersangkut resleting, pengait pada celana, atau kancing baju.

  • Tips Mencuci: Gunakan Air Dingin

Tahap selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan air dingin pada saat mencuci sprei katun. Air dingin akan membuat serat katun tetap awet dan tidak mudah menyusut. Selain itu, Anda juga dapat mencucinya dengan tangan agar terhindar dari goresan benda tajam atau putaran yang terlalu keras pada mesin cuci.

  • Tips Mencuci: Jangan Gunakan Pemutih Klorin

Hal selanjutnya yang perlu Anda hindari adalah jauhkan produk ini dari bahan pemutih klorin. Menurut Beyond Beds, klorin dapat membahayakan keawetan serat katun dalam jangka lama. Jika Anda ingin membersihkan noda menempel di permukaan sprei, gunakan bahan pemutih tanpa klorin untuk mempertahankan tekstur serat katun.

  • Tips Mencuci: Mengibaskan Sprei

Setelah selesai membersihkan sprei, upayakan untuk mengibaskan sprei katun sebelum dijemur. Hal ini akan membantu membuka kerutan ataupun lipatan setelah diperas. Kemudian, pastikan semua permukaan sprei katun ini terhampar dengan sempurna tanpa ada bagian yang terlipat sehingga dapat mengurangi terjadinya kerutan saat kering.

  • Tips Mencuci: Jemur di Tempat Teduh

Selanjutnya, jemurlah sprei katun di tempat yang tidak  terkena sinar matahari secara langsung karena suhu yang panas juga akan membuat tekstur katun menyusut dan berkerut. Akan lebih baik jika Anda meletakkannya pada tempat yang terkena banyak angin sehingga proses pengeringan sprei ini tidak akan memudarkan warnanya.

  • Tips Mencuci: Rapikan Permukaan dengan Tangan

Jika setelah menjemurnya Anda ingin menggunakan sprei katun kembali, pasanglah di kasur dan rapikan dengan tangan. Sprei katun sebenarnya tidak harus disetrika untuk mendapatkan tampilan yang cantik dan rapi. Namun, jika menginginkan kamar yang benar-benar tertata, Anda dapat menyetrikanya dengan suhu tidak terlalu panas untuk menjaga bentuk asli teksturnya.

Katun memang bahan sprei yang paling banyak digunakan karena beragam kelebihan seperti kelembutan dan sifat dinginnya yang menyerap keringat. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila Anda merawatnya dengan mengikuti tips mencuci sprei tersebut. Dengan adanya perawatan sprei bahan katun yang tepat, sprei katun Anda akan awet dan menawan meski sudah lama digunakan.

author
No Response

Leave a reply "Tips Mencuci Sprei Berbahan Katun"