Tips Mengajak Anak Kecil Nonton Film Di Bioskop

Tips Mengajak Anak Kecil Nonton Film Di Bioskop

Film anak – Banyak hal bisa dikerjakan bersama-sama pada akhir pekan untuk mempererat hubungan keluarga. Namun, sudahkah Anda mempunyai rencana untuk mengajak keluarga Anda akhir pekan nanti? Bioskop mungkin bisa menjadi pilihan. Menonton di bioskop merupakan salah satu hiburan yang cukup terjangkau. Selain itu, bioskop bisa menjadi tempat yang baik untuk para orang tua mengajarkan anak tentang pengalaman hidup yang bisa diambil dari cerita dalam film.

Anak sudah bisa menonton film anak sekitar usia 2,5 – 3 tahun. Di usia ini anak sudah mulai bisa memahami jalan film anak bertema sederhana. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajak anak ke bioskop:

  • Berhati-hatilah dalam memilih film 
Ketika memutuskan untuk mengajak si kecil menonton di bioskop, pilih film yang sesuai dengan usia anak. Hindari menonton film action atau film lain yang tidak sesuai dengan tema anak. Pada usia 2 atau 3 tahun, apa yang ia lihat adalah apa yang dia percaya, dan film yang menakutkan dapat terbawa dalam mimpi buruk. Bahkan film dengan rate “G” (general audience atau umum) bisa terlalu banyak adegan menakutkan untuk anak. Cek rating film untuk mengetahui film yang berkualitas dan memberikan pesan positif untuk mereka.
  • Perhatikan durasi film yang akan Anda tonton 
Jangan memilih film dengan durasi yang panjang, karena biasanya anak relatif memiliki rentang perhatian yang pendek dan cepat bosan. Selain itu, biasanya anak juga sulit untuk duduk diam dan tenang untuk jangka waktu yang cukup panjang.
  • Saat anak merasa takut
Jika anak merasa takut saat menonton, bicaralah padanya. Jawab semua pertanyaannya serta beri ia dukungan sementara dia menyelesaikan emosinya. Biarkan dia tahu bahwa tidak apa-apa untuk merasa sedih, marah, atau takut. Ini akan membantunya memahami reaksinya.
  • Lihat kebiasaan anak di rumah
Perhatikan kebiasaan anak di rumah ketika menonton televisi. Jika ia dapat fokus menonton tayangan anak-anak di televisi sampai habis, kemungkinan ia bisa nonton di bioskop, berapapun usianya. Namun jika perhatian anak masih mudah teralihkan dari tayangan yang ia tonton, pindah ke aktivitas lainnya di tengah-tengah tayangan, atau menonton sambil bermain dengan mainannya, mungkin Anda harus menunggu mengajak anak nonton di bioskop.
  • Membawa makanan ringan yang disukai anak 
Bawalah makanan ringan yang disukai anak Anda akan membuat mereka tetap duduk tenang sambil mengunyah makanan kesukaannya selama film berlangsung.
Semoga setelah mengetahui tips di atas, Anda tidak kesulitan lagi saat akan membawa anak menonton film anak di bioskop. Selain itu ajarkan  aturan-aturan dasar menonton di bioskop, seperti harus diam saat menonton, duduk tenang di kursi, dan tidak berdiri.
No Response

Leave a reply "Tips Mengajak Anak Kecil Nonton Film Di Bioskop"