Tips Mengatasi Balita Yang Terlalu Dekat Dengan Ibu

Tips Mengatasi Balita Yang Terlalu Dekat Dengan Ibu

Bunda, pastinya Anda merasa senang dan mungkin damai saat anak Anda bergelayut manja pada Anda, atau saat Anda menghabiskan waktu Anda untuk bercanda dengannya. Ikatan antara ibu dan anak memanglah ikatan yang paling terindah. Dan pastinya hal tersebut adalah hal yang sangat wajar mengingat Anda adalah orang yang menghabiskan waktu dengannya jauh lebih banyak dari orang lain. Akan tetapi ikatan yang indah tersebut bisa jadi sangat merepotkan terutama saat anak Anda meledak tangisnya saat akan Anda tinggal, walaupun sekilas terlihat lucu namun jika hal tersebut dibiarkan begitu saja maka ia akan membawa kebiasaan buruknya tersebut hingga ia besar nanti. Bagaimana ya tips mengatasi balita yang terlalu dekat dengan ibu?

  • Bersikaplah Jujur

Kejujuran kepada anak merupakan tips mengatasi balita yang terlalu dekat dengan ibu yang paling utama. Kesalahan terbesar namun juga yang paling umum dilakukan oleh orangtua kepada anak balitanya adalah berbohong. Sebagai contoh, Anda mengajaknya untuk bermain petak umpet dan selagi anak Anda bersembunyi Anda pergi begitu saja dan tidak muncul dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentunya membuat ia panik dan sama sekali tidak meringankan ketergantungannya.  Baca juga: Mengapa Sering Merasa Tegang Pada Perut Saat Hamil?

Alih-alih membuat rasa cemasnya semakin bertambah parah (dan membuatnya menjadi lebih clingy), Anda bisa melatihnya untuk menerima perpisahan dengan meninggalkannya dalam waktu yang singkat setiap hari. Pastikan bahwa jadwal yang Anda terapkan berlangsung secara teratur. Dengan demikian bayi Anda akan lebih mempercayai Anda dan sedikit demi sedikit dapat lebih menerima perpisahan.

  • Biasakan Ia Untuk Bermain Dengan Anggota Keluarga Lain Selain Anda

Di sinilah Anda dapat memanfaatkan dukungan dari suami maupun keluarga dekat. Rajin-rajinlah mengajak bayi Anda untuk bermain dengan ayahnya, atau berkunjung ke rumah keluarga dekat. Buatlah agar bayi Anda merasa aman dan nyaman berinteraksi dengan mereka, sehingga jikapun Anda pergi meninggalkannya sejenak Anda dapat mempercayakan bayi Anda kepada pasangan atau kepada anggota keluarga lain. Dan walaupun bayi Anda mungkin akan sedikit rewel saat ia pergi, percayalah, ia akan lebih mudah beradaptasi dengan perpisahan dengan ibundanya ketika ia dikelilingi dengan orang-orang yang sudah ia kenal.

  • Berhentilah Bersikap Dramatis

Sangatlah mudah bagi seorang ibu untuk sedikit dramatis saat ia harus pergi keluar rumah tanpa anaknya, sehingga tidak jarang beberapa dari Anda bahkan menitikkan air mata, Moms, please stop. Bayi Anda sangatlah sensitif dan dapat membaca emosi Anda dengan sangat mudah. Sehingga jika Anda menangis saat Anda akan berpisah dengannya besar kemungkinan ia akan bersikap sama. Cobalah ucapkan “sampai jumpa” dengan wajah yang ceria dan senyum cerah. Karena bisa jadi bayi Anda dapat mengatasi perpisahan tersebut jauh lebih baik dari Anda sendiri.

Demikianlah beberapa tips mengatasi balita yang terlalu dekat dengan ibu. Semoga informasi ini membantu dan menginspirasi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Tips Mengatasi Balita Yang Terlalu Dekat Dengan Ibu"