Tips Mengoptimalkan Perkembangan Otak si Kecil

perkembangan bayi

Perkembangan Bayi – Jika Anda adalah seorang ibu dan memiliki anak yang masih bayi, Anda harus tahu jika mainan yang bisa menghentikan tangisan bayi juga berfungsi sebagai perangsang untuk perkembangan otaknya kelak. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak memilih mainan untuk buah hati secara sembarangan. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam perkembangan bayi Anda.

Sebab, perkembangan otak bayi telah dimulai sejak dia masih ada dalam kandungan. Mainan merupakan cara yang mudah dan cepat mengembangkan perkembangan bayi Anda. Meskipun begitu, tanpa mainan pun Anda masih bisa mengembangkan otak si kecil dengan cara yang sederhana.

Berikut adalah tips mengoptimalkan perkembangan otak si kecil:

  1. Sering-seringlah mengajak bayi Anda tertawa bersama dan ajaklah dia mengenali beberapa gerakan atau tindakan yang dapat membuatnya mengenali benda disekitarnya. Dengan mainan yang sesuai dengan usia bayi Anda, secara tidak langsung Anda telah membantunya untuk tertawa.
  2. Meskipun usia masih sangat muda, selalu ajaklah bayi Anda berkomunikasi sebab akan mengasah kemampuan verbal dari si bayi. Selalu ajak berinteraksi meskipun hanya dengan senyum dan tawa.
  3. Selain mengajak berbicara, ajaklah dia menyanyi. Sebab, cara ini lebih mudah dipahami dan dimengerti bagi si bayi. Selain itu, bernyanyi dapat menambah perbendaharaan kata bagi otak si kecil.
  4. Sering-seringlah memeluk bayi Anda. Sebab dengan sering memeluknya akan membuat si bayi merasa intim dengan Anda dan kenyamanan serta kehangatan itulah yang dibutuhkan si bayi dalam perkembangan otaknya.
  5. Bacakanlah dongeng atau cerita lucu. Meskipun belum sepenuhnya mengerti, dengan gesture dan mimik Anda diharapkan bayi sudah mulai berinteraksi secara perlahan.
  6. Gunakanlah waktu luang untuk mengajaknya bermain dan membuat hatinya senang. Dengan begitu jiwanya akan tenang dan tidak menghambat perkembangan otaknya.

Mengapa perkembangan otak si bayi sangat penting bagi kehidupannya di masa datang? Berikut ini adalah bagian otak yang berpengaruh pada tumbuh kembang si bayi.

  • Batang otak

Bagian ini berkembang pada saat awal kehamilan seperti mengemut jari pada bayi dan juga menelan susu.

  • Sistem limbik

Sistem ini berhubungan dengan emosi bayi yang berfungsi aktif apabila sewaktu-waktu perasaan bayi berubah.

  • Syaraf cermin

Bagian ini berfungsi menirukan gerakan yang dilakukan oleh orang disekitar bayi Anda.

  • Cerebrum

Bagian yang berfungsi mengatur gerakan perkembangan seperti merangkak.

  • Frontal Lobe

Bagian khusus penyimpan data dan memori seperti nama dan wajah seseorang.

Sebagai orang tua, kita memegang peranan penting dalam tumbuh kembang si kecil. Mainan memang memiliki fungsi, namun sentuhan dari orang tua lebih berarti dalam perkembangan otak bayi Anda.

No Response

Leave a reply "Tips Mengoptimalkan Perkembangan Otak si Kecil"