Tips Menjaga Nafsu Makan Selama Kehamilan

Tips Menjaga Nafsu Makan Selama Kehamilan

Bagi wanita yang sudah lama mendambakan kehadiran momongan tentunya akan diliputi oleh perasaan bahagia dan haru ketika mereka pada akhirnya mereka mengetahui bahwa ada kehidupan kecil di dalam rahim mereka. Menginjak usia kehamilan trimester pertama tentunya menjadi hal yang sangat mendebarkan, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Dan salah satu gejala kehamilan yang umum terjadi namun cukup mengganggu adalah morning sickness, atau perasaan nausea yang sering berakhir dengan muntah-muntah. Nafsu makan pun seringkali merosot tajam. Padahal, di usia awal kehamilan ini bayi Anda akan sangat memerlukan asupan makanan yang bergizi dari Anda. Lalu, bagaimanakah tips menjaga nafsu makan selama kehamilan?

  • Usahakan Agar Tetap Makan

Tips menjaga nafsu makan selama kehamilan yang paling utama adalah Anda wajib tetap makan. Hal tersebut ditujukan agar asam lambung tidak melukai dinding lambung Anda, yang mana apabila hal tersebut terjadi maka dapat mengakibatkan morning sickness Anda semakin parah.

Saat makan, perhatikan porsi makanan yang Anda konsumsi. Makanlah dengan porsi yang kecil-kecil namun sering.Dengan demikian, Anda dapat mencegah kondisi lambung yang kosong.  Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks untuk menjamin kecukupan nutrisi baik untuk Anda maupun untuk janin Anda yang tengah berkembang.

  • Menghindari Makanan Beraroma/Memiliki Cita Rasa Tajam

Salah satu pantangan bagi wanita yang sedang hamil adalah menyantap makanan dengan rasa atau aroma makanan yang tajam. Seperti yang sudah Anda ketahui, selama masa-masa awal kehamilan indera penciuman Anda akan menjadi lebih tajam dari biasanya. Yang mana hal tersebut dapat memicu perasaan mual.

Makanan dengan rasa tajam juga tidak baik untuk dikonsumsi, terutama jika sejak awal Anda memiliki gangguan maag. Rempah-rempah yang terkandung di dalam makanan tersebut akan sangat sulit untuk dicerna oleh lambung, sehingga pada akibatnya lambung Anda akan memproduksi gas. Adanya gas di dalam perut dapat mengakibatkan bloating, atau sensasi penuh yang tidak nyaman. Lebih baik Anda mengkonsumsi makanan dengan bau yang netral atau menyegarkan seperti buah jeruk. Penggunaan bumbu untuk masakan pun sebaiknya dipertimbangkan lebih seksama.

  • Mengkonsumsi Makanan Ringan

Untuk mencegah kondisi lambung yang kosong (yang mana dapat mengakibatkan morning sickness), adalah dengan menyediakan makanan ringan yang dapat Anda konsumsi di sela-sela menunggu waktu makan. Tentu saja, camilan yang Anda konsumsi harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dan untuk perkembangan janin. Contohnya adalah buah-buahan atau salad sayuran.

Demikianlah beberapa tips menjaga nafsu makan selama kehamilan. Semoga bermanfaat, Moms

author
No Response

Leave a reply "Tips Menjaga Nafsu Makan Selama Kehamilan"