Tips Menyiapkan Susu Formula Untuk Bayi yang Tepat

cara menyajikan susu formula untuk bayiSusu Bayi – ASI adalah sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Tidak ada serorangpun yang dapat memungkiri. Namun, ada kalanya bayi terindikasi untuk menggunakan susu formula, misalnya bayi tidak cukup mendapat ASI karena kondisi ibu yang tidak memungkinkan (misal sakit berat, atau produksi ASI yang sangat kurang). Atau, bayi memang sudah besar dan tidak dalam masa ASI eksklusif lagi.

Dalam mempertimbangkan ketika memilih susu formula adalah harga dan ketersediaan barang, apakah mudah didapat atau tidak. Tentunya lebih baik memilih produk dengan harga yang terjangkau dan mudah didapat. Berikutnya adalah memerhatikan kondisi dan kebutuhan si bayi. Bayi yang alergi terhadap susu sapi tentunya membutuhkan formula khusus. Untuk itu, yuk mengenal beragam susu formula yang beredar di pasaran.

Nah, setelah mendapatkan susu bayi formula sesuai harapan, berikut ini teknik menyiapkan susu formula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar susu formula tidak terkontaminasi bakteri tetapi nilai gizinya tetap terjaga :

  • Pertama-tama, bersihkan permukaan meja lalu cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Keringkan.
  • Rebus air minum sampai mendidih selama 10 menit dalam panci tertutup.
  • Setelah mendidih, biarkan air tersebut dalam panci selama 10-15 menit agar suhunya turun, kurang lebih sampai 70 derajat celcius. Atau Anda juga dapat menggunakan campuran air dingin agar tidak terlalu panas.
  • Tuangkan air ke dalam botol susu yang telah disterilkan dan jangan berlebihan. Lalu tambahkan susu bubuk sesuai takaran yang dianjurkan. Tutup kembali botol susu dan kocok sampai susu tercampur dengan baik.
  • Sebelum memberikan pada bayi sebaiknya mengetes apakah airnya tidak terlalu panas dengan cara meneteskan susu pada pergelangana tangan. Jika masih terlalu panas dapat merendam botol susu di dalam air dingin bersih sampai suhunya aman untuk dimibnum bayi.
  • Sebaiknya buanglah susu yang telah dilarutkan jika dalam dua jam masih ada sisanya. Dalam suhu udara biasa di ruangan terbuka, Susu formula yang belum diminum dapat bertahan selama tiga jam, sedangkan jika disimpan di kulkas bertahan 24 jam. Sebelum diberikan, hangatkan dengan cara merendamnya dalam air panas.
No Response

Leave a reply "Tips Menyiapkan Susu Formula Untuk Bayi yang Tepat"