Tips Merawat Kulit Bayi Dengan Memandikan Bayi

Perawatan Kulit BayiPerawatan Kulit Bayi – Bayi baru lahir merupakan anugrah dari Tuhan yang sangat harus dijaga. Dengan lahirnya ia ke dunia maka banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi tersebut. Karena bayi terbilang sensitif terhadap apa yang muncul dari luar.

Termasuk pada kulit bayi. Bayi juga masih rentan terhadap penyakit maka sebagai orang tua, anda harus tahu dan belajar bagaimana cara merawat bayi dengan benar, termasuk pada pentingnya perawatan kulit bayi anda yang masih baru lahir.

Kulit bayi yang baru lahir sangat halus dan begitu juga sistem kekebalan tubuh bayi. Bahan kimia, wewangian, dan pewarna pakaian, deterjen, dan produk bayi bisa menyebabkan iritasi kulit bayi yang baru lahir, kekeringan, radang, dan ruam. Namun, ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk melindungi bayi Anda dari masalah kulit ini.

Menjaga Perawatan kulit bayi tentu sangat penting, salah satu cara merawat bayi adalah dengan memandikan bayi dengan benar dan baik.

  • Mandikan bayi beberapa hari sekali, tetapi bersihkan kulitnya setiap hari.

Dalam empat bulan pertama, Anda sebaiknya tidak memandikan bayi setiap hari. Para pakar perawatan bayi menganjurkan untuk memandikan bayi seminggu sekali, terutama pada satu-dua bulan pertama kehidupan. Sabun khusus bayi memang lebih ramah terhadap kulit bayi, tetapi penggunaannya tidak boleh terlalu sering.

Untuk menjaga agar kulit bayi tidak mengering karena sabun, ke dalam air mandinya Anda dapat menuangkan beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil.

Anda harus membersihkan kulit bayi setiap hari dengan menyeka, terutama di daerah popok dan lipatan-lipatan kulit. Untuk daerah popok, Anda cukup membersihkan dengan kain lembab tanpa sabun. Karena sering dibersihkan, daerah ini rentan terhadap iritasi kulit.

Pemberian minyak zaitun atau baby oil dapat mencegah iritasi. Minyak tersebut membentuk lapisan tak terlihat pada kulit, yang mempertahankan kelembaban kulit sekaligus melindungi dari iritasi. Untuk perawatan lipatan kulit di kaki, tangan dan leher, ambillah sejumput kapas yang dibasahi air dan teteskan sedikit minyak untuk menyerap dan membuang kotoran.

Daerah lipatan leher sangat rentan kotor karena residu air susu. Air yang digunakan untuk mandi atau menyeka sebaiknya memiliki kehangatan sedang, sekitar 37°C. Siapkan handuk hangat untuk membungkus dan menjadi alas sebelum dan sesudah bayi dibersihkan.

No Response

Leave a reply "Tips Merawat Kulit Bayi Dengan Memandikan Bayi"