Tips Mudik di Hari Raya Untuk Ibu Hamil Muda

tips mudik sehat ibu hamilHamil muda – Mudik atau pulang kampung adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang menjelang hari raya tiba. Menjumpai orang tua, kerabat, handai taulan, dan berkumpul bersama keluarga besar saat mudik merupakan momen-momen spesial yang menyenangkan dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Namun, persiapan kendaraan sendiri maupun kondisi tubuh mutlak diperlukan agar perjalanan lancar dan tidak mengalami masalah. Tentu sangat menyebalkan bila perjalanan yang seharusnya dinikmati menjadi memprihatinkan karena kondisi kesehatan dan motor yang tidak siap. Guna memperlancar perjalanan ibu hamil muda diperlukan persiapan khusus agar kita bisa menikmati setiap langkah menuju tujuan.

Ini dia Tips untuk para ibu hamil muda yang ingin pulang kampung atau mudik

  • Mudik tentunya membuat tubuh Anda sebagai ibu hamil muda merasa pegal-pegal. Untuk itu, ibu hamil muda bisa melakukan peregangan-peregangan kecil ketika kendaraan sedang berehenti istirahat atau bisa juga melakukan peregangan pada kaki di dalam kendaraan dengan cara meluruskan kaki dan memutar-mutar pergelangan kaki agar tidak pegal, kram, dan peredaran darah menjadi lebih lancar.
  • Pilihlah waktu mudik untuk ibu hamil muda yang pas. Ibu hamil muda bisa memilih waktu mudik jauh-jauh hari sebelum hari raya misalnya seminggu sebelum hari H. Sebaiknya hindari mudik saat sudah terlalu mendekati hari raya, karena kondisi di perjalanan saat sudah terlalu dekat dengan hari raya biasanya lebih padat yang bisa mengganggu kenyamanan mudik ibu hamil dan keluarga.
  • Atur pola istirahat ketika ibu hamil mudik. Bila tempat tujuan mudik ibu hamil muda tidak terlalu jauh, mobil pribadi adalah pilihan kendaraan terbaik. Selama dalam perjalanan, berhenti minimal setiap 2 jam sekali,untuk beristirahat melemaskan otot-otot. Pilih tempat istirahat yang nyaman dan aman,misalnya di rumah makan atau pombensin besar. Turunlah dari mobil, lalu berjalan kaki berkeliling atau melakukan latihan peregangan ringan selama kurang lebih 10-20 menit agar aliran darah lancar. Udara yang segar akan membuat tubuh ibu hamil muda kembali bugar.
  • Yang terakhir tentunya jangan lupa berdoa agar perjalanan mudik ibu hamil muda lancar dan Anda bisa selamat sampai tujuan.
No Response

Leave a reply "Tips Mudik di Hari Raya Untuk Ibu Hamil Muda"