Tips Penting Menentukan Mainan Anak Sesuai Dengan Usia

Tips Penting Menentukan Mainan Anak Sesuai Dengan UsiaTips Penting Menentukan Mainan Anak Sesuai Dengan Usia – Anak sudah semakin kreatif. Mereka menyukai kegiatan orang dewasa, dan mainan yang realistis akan menstimulasi otak mereka. Kelompok usia ini juga menggemari mainan yang membutuhkan gerak dan ketangkasan.

Mainan atau boneka yang bisa berbicara, atau mainan instrumen musik juga populer. Semakin banyak fitur yang ditampilkan, semakin anak suka, selama masih mudah digunakan. Mobil-mobilan seperti truk baik untuk kegiatan di dalam atau luar rumah, begitu juga sandbox lengkap dengan ember dan sekop untuk menggali atau mengeruk pasir. Kereta api juga menyenangkan, karena anak bisa belajar meletakkan dan memungut kereta dari relnya.

Anak juga sudah bisa bermain puzzle yang sederhana. Permainan ini menguatkan koordinasi mata dan tangan, kemampuan mencocokkan, dan mengenali bentuk, serta akan membuatnya terus penasaran, sejauh sesuai dengan tingkat kemampuannya. Potongannya sebaiknya tidak terlalu kecil, supaya tidak mudah dimasukkan ke mulutnya juga. Mainan edukatif yang menunjukkan profesi, seperti perangkat kedokteran, atau memasak, juga mendorong kreativitasnya.

Untuk membantu orang tua dalam memilih mainan edukatif, di bawah ini ada beberapa masukan yang dapat dipertimbangkan bagi orang tua yang dapat membantu dalam memilih mainan dalam ruangan:

  1. Pilihlah mainan yang membuat anak-anak menyusun sesuatu. Mainan ini sifatnya merangsang daya kreasi anak untuk membuat sesuatu, contoh mainan seperti ini adalah mainan menyusun balok membentuk bangunan, jembatan, dll. Bila berbicara merek, ada beberapa merek yang sudah dikenal memiliki kualitas baik yaitu Lego, K-nex, dll; atau
  2. Pilih mainan yang menjadikan anak memiliki kegiatan seperti layaknya kegiatan harian para orang tua. Seperti diketahui, anak selalu mencontoh apa yang dilakukan orang tua mereka karena menurut mereka hal tersebut menarik. Contoh mainan seperti ini adalah: tenda mainan untuk dalam ruangan, dimana anak bisa berimaginasi seperti memiliki rumah sendiri dan mengatur rumah tersebut. Berdasarkan pengalaman saya, kegiatan dengan tenda mainan ini sangat disukai anak-anak. Mereka bisa bermain berjam-jam dengan tenda mainan ini, biasanya mereka bermain dengan boneka-bonekanya di dalam tenda atau alat masak sehingga mereka seperti memiliki rumah sendiri; atau
  3. dapat juga memilih mainan yang sifatnya olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah namun tidak membahayakan benda-benda sekitarnya. Mainan ini harus yang tidak mengganggu benda-benda furniture di sekitarnya.  Contoh mainan ini adalah trampolin. Trampolin dapat menggerakkan seluruh badan si anak dan sekaligus melatih kemampuan motorik kasarnya yaitu belajar keseimbangan.

Berberapa tips di atas dapat membantu para orang tua dalam memilih mainan edukatif anak yang tepat dengan usia. Perlu diketahui oleh para orang tua, sebenarnya dalam memilih permaianan edukatif anak, orang tua perlu mengerti juga tentang minat anak. jika permainan yang dipilih sesuai dengan minat anak, tentu anak akan lebih sering menggunakan permainan edukatif tersebut.

No Response

Leave a reply "Tips Penting Menentukan Mainan Anak Sesuai Dengan Usia"