Tips Tepat Mengatasi Bayi Yang Suka Kaget!

No comment 48754 views

bayi kaget

Bayi suka kagetan – Bayi yang suka kagetan sebenarnya merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Menurut berbagai sumber yang telah melakukan penelitian mengatakan bahwa rasa kagetan ini merupakan reaksi refleks yang bersifat normal dan harus dimiliki oleh setiap bayi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tindakan mengagetkan bayi dengan suara yang tiba – tiba saat bayi berusia kurang dari dua minggu dianggap menyelesaikan masalah meskipun banyak orang beranggapan juga bahwa melakukan hal tersebut justru dapat menimbulkan dampak yang berbahaya pada bayi.

Penyebab bayi kaget

Memang penyebab bayi sering kaget itu bermacam-macam. Ada yang normal tapi juga ada yang tidak normal. Telusuri kebiasaan dan perilaku bayi Anda, kapan biasanya bayi sering kaget. Kondisi bayi kaget itu merupakan keadaan refleks. Bayi baru lahir beradaptasi dan kaget itu ekspresi refleks yang timbul.

Istilahnya refleks moro, refleks bayi menyesuaikan lingkungan baru. Bayi akan kaget jika mendengar apa yang dianggapnya suara asing. Meskipun kita sebagai orangtua menganggapnya biasa. Kondisi seperti itu sangat wajar dialami oleh bayi baru lahir hingga usia 4 bulanan.

Berikut adalah tips yang tepat untuk mengatasi bayi yang suka kagetan yang perlu bunda ketahui :

  • Hindari pemicu

Menurut berbagai sumber terdapat berbagai penyebab atau pemicu bayi mudah terserang kaget, seperti suara keras yang terdengar secara tiba – tiba, terbentur pada bagian kepala, menggendong dengan posisi yang kurang nyaman, suasana kamar yang terlalu gelap, atau popok yang penuh dengan air kencing si bayi. Itulah beberapa penyebab atau pemicu yang bisa membuat bayi kaget.

  • Preventif

Jika melakukan tindakan untuk menghindari penyebab rasa kaget pada bayi sudah dilakukan langkah selanjutnya adalah lakukan upaya preventif agar bayi tidak sering merasa kagetan. Beberapa upaya preventif yang bisa dilakukan adalah mengecilkan suara keras yang didengar oleh bayi seperti suara televisi, radio, atau bahkan suara dari telepon. belajar menggendong bayi dengan nyaman agar bayi tidak merasa kagetan, pencahayan yang cukup, rajin – rajinlah mengecek dan mengganti popok bayi setiap 2 jam dalam sehari.

  • Pijat

Bunda dapat melakukan pijatan relaksasi pada bayi yang bisa dipertimbangkan agar bayi tidak mudah kaget. Pemijatan relaksasi pada bayi dapat dilakukan dengan menggunakan minyak telon dengan usapan lembut yang dimulai dari kaki, tangan, dada dan punggung bayi.

  • Segera menenangkan

Jika bayi anda kaget dengan tiba – tiba saat tidur segera lakukan tindakan menenangkan bayi dengan cara membelai kepala atau dada bayi. Sebaiknya hindari menenangkan dengan cara menggendong karena bayi akan terbangun dan dan kesulitan untuk meneruskan tidurnya kembali.

Itulah beberapa tips mengatasi bayi yang suka kagetan selain dengan cara membedong atau menelungkupkan bayi. Namun perlu diwaspadai juga apabila rasa kaget pada bayi yang disebabkan karena gangguan pada pernapasan atau gangguan pada jantung segera bawa kedokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Baca juga : Ini Dia Tips Tepat Mengatasi Anak Yang Takut Gelap!

author
No Response

Leave a reply "Tips Tepat Mengatasi Bayi Yang Suka Kaget!"