Tips Tepat Mengatasi Alergi Akibat Sengatan Serangga!

alergi sengatan serangga

alergi sengatan serangga – Pada anak yang menderita alergi gigitan atau sengatan serangga dapat menyebabkan reaksi yang serius dan kadang – kadang bisa mematikan. Jenis serangga yang dapat menimbulkan reaksi alergi adalah tawon, lebah, dan semut. Reaksi alergi yang disebabkan karena sengatan serangga biasanya tidak akan timbul ketika anak pertama kali disengat oleh serangga.

Reaksi alergi biasanya akan muncul ketika anak disengat untuk kedua kalinya atau baru timbul belakangan atau tidak langsung. Berikut adalah alergi sengatan serangga yang perlu bunda ketahui :

Alergi sengatan serangga yang bisa terjadi pada anak – anak

  • Apa yang terjadai apabila anak – anak disengat oleh serangga ?

Ketika anak anda menderita alergi yang diakibatkan oleh sengatan serangga maka sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan virus dan infeksi akan bereaksi berlebihan yang dikarenakan protein yang ada dalam serangga. Protein yang terdapat dalam tubuh serangga disebut venom. Ketika disengat tubuh akan menganggap bahwa protein tersebut adalah benda asing dan membahayakan bagi tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan bekerja keras untuk melawan benda asing dan melepaskan zat – zat kimia. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya reaksi seperti :

– Gatal – gatal atau ruam

– Pembengkakan

– Sakit perut atau bahkan diare

– Muntah

– Batuk

– Kesulitan bernapas

– Penurunan tekanan darah yang bisa menyebabkan kehilangan kesadaran

  • Cara menghindari sengatan serangga

– Ketika anak anda bermain diluar perhatikan dan juga peringatkan mereka untuk selalu berhati – hati pada makanan atau minuman yang manis seperti soda atau jus. Karena biasanya lebah lebih suka berterbangan pada makanan dan juga minuman yang manis.

– Hindari memakai baju yang bercorak bunga dan berwarna, atau menggunakan wewangian yang beraroma bunga karena bisa menarik serangga datang ke tubuh buah hati anda.

– Ketika berada pada tempat yang banyak lebah atau serangga lainnya gunakan baju yang berlengan panjang, celana panjang, topi, dan juga gunakan sepatu.

– Jangan biarkan anak anda mengganggu sarang serangga. Belilah pembasmi serangga apabila ditemukan sarang serangga dirumah anda.

– Bila ada lebah disekitar tubuh buah hati anda jangan menyuruh atau membiarkan mereka lari. Berdiam atau bergerak secara perlahan akan membuat lebah terbang menjauh dari tubuh anak anda.

– Bila anda mengetahui bahwa anak anda mengalami alergi yang disebabkan sengatan serangan segera bawa kedokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Cara merawat sengatan serangga

– Buanglah alat penyengat atau bagian tubuh serangga lainnya yang tertinggal dikulit dengan segera. Hal tersebut dapat mencegah racun menyebar kemana – mana.

– Bersihkan bagian tubuh yang tersengat serangga dengan menggunakan sabun cair.

– Kompres dengan air dingin atau menggunakan es pada bagian tubuh anak anda yang tersengat serangga.

– Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol sesuai dosis yang disarankan untuk menguarangi rasa gatal – gatal pada anak anda.

– Oleskan krim yang mengandung hydrocortisone untuk meredakan gatal dan meringankan rasa sakit.

– Segera bawa buah hati anda ke dokter bila sengatan serangga berada pada area mulut karena selaput lendir mulut dapat membengkak dan menutupi jalan pernapasan.

Nah itulah ulasan tentang alergi sengatan serangga yang perlu bunda waspadai. Jaga buah hati anda agar terhindar dari penyakit apapun salah satunya adalah alergi. Alergi juga bisa berbahaya apabila mendapatkan penanganan yang kurang tepat. Baca juga yuk tentang 5 Cara Meningkatkan Imunitas Pada Bayi!

author
No Response

Leave a reply "Tips Tepat Mengatasi Alergi Akibat Sengatan Serangga!"