Tips Terampuh untuk Meredakan Nyeri saat Persalinan

natural-pain-relief-during-labour

Bagi ibu hamil, momen persalinan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Tapi di saat yang sama, pasti tidak sedikit dari Anda yang sedikit merasa ngeri membayangkan proses persalinan yang akan Anda jalani. Dan memang, jika Anda ingin mengambil metode persalinan normal maka Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi rasa nyeri selama proses persalinan. Tapi sebenarnya ada beberapa cara efektif yang bisa Anda praktekkan untuk membantu meredakan atau paling tidak meringankan rasa nyeri selama persalinan. Simak yuk 3 tips terampuh untuk meredakan nyeri saat persalinan berikut ini.

 
• Tetap Rileks
Memang Anda pasti menganggap bahwa tips ini terasa sangat mudah saat diucapkan. Tapi menjaga agar suasana hati tetap tenang dan rileks terbukti menjadi tips terampuh untuk meredakan nyeri saat persalinan. Hal pertama yang Anda dapat lakukan untuk menjaga agar mood tetap tenang adalah dengan menghilangkan rasa takut dari benak Anda.

Yakinlah bahwa Anda dan si bayi akan baik-baik saja, diijinkannya Anda menjalani proses persalinan normal adalah salah satu buktinya. Tarik napas dan hembuskanlah napas perlahan-lahan untuk membantu otot-otot tubuh Anda menjadi lebih rileks. Ketika proses persalinan dimulai, Anda pasti akan merasakan sakit, tapi Anda bisa memilih untuk berfokus pada momen detik-detik kelahiran bayi Anda.

 
• Tetap Atur Pernapasan
Di saat tengah-tengah proses persalinan, timbulnya rasa nyeri adalah hal yang tidak dapat Anda hindarkan (kecuali jika Anda menggunakan suntikan epidural). Saat rasa sakit tersebut melanda, tidak jarang Anda akan lupa caranya untuk mengatur pernapasan. Tapi, irama pernapasan yang teratur adalah faktor kunci untuk proses persalinan yang cepat, lancar, dan tidak terlalu menyakitkan.

 
• Pijat
Saat proses persalinan berlangsung, hampir seluruh otot tubuh Anda akan menegang. Dan sayangnya hal tersebut dapat menyebabkan efek kontraksi emakin terasa. Untuk membantu merileksasi otot-otot tersebut, Anda dapat meminta bantuan dari suami untuk memijat tangan, telapak kaki, atau punggung Anda. Pijatan lembut tersebut dapat membantu otot Anda untuk lebih rileks sehingga Anda pun akan merasa lebih santai dan dapat fokus untuk mengatur pernapasan Anda.

Di sisi lain, perhatian kecil dari suami tersebut pastinya menjadi suntikan moral terbesar bagi Anda, dan tentunya membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam melalui proses persalinan ini. Saat memijat Anda, suami juga bisa menggunakan minyak aromaterapi dengan aroma yang menenangkan, lho.

 
Demikianlah 3 tips terampuh untuk meredakan nyeri saat persalinan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips Terampuh untuk Meredakan Nyeri saat Persalinan"