Tips-Tips Meraih Kehamilan Sehat Pada Usia Kehamilan Trimester Pertama

Bagi seorang ibu yang sedang mengandung, kesehatan janinnya adalah hal yang sangat penting dan Anda akan menjaga agar bayi Anda memiliki asupan nutrisi yang cukup agar mengalami perkembangan yang baik hingga saat ia lahir di dunia. Dan untuk menjaga agar kehamilan Anda tetap sehat, sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan makanan serta kondisi fisik dan mental selama masa kehamilan.

Akan tetapi, menjaga kehamilan agar tetap sehat bukanlah hal yang mudah terutama bagi Anda yang baru saja mengalami kehamilan atau bagi Anda yang memiliki kehidupan yang padat. Terkadang Anda menerima terlalu banyak saran dari keluarga atau sahabat sehingga justru mengaburkan hal-hal yang seharusnya menjadi prioritas untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Namun Anda tidak perlu merasa bingung, karena berikut adalah tips-tips berguna mengenai perawatan-perawatan yang harus Anda lakukan pada usia kehamilan awal untuk kehamilan sehat.

  • Memperhatikan Asupan Nutrisi

Salah satu tips utama dalam menjaga kehamilan sehat adalah dengan menjaga pola makan serta asupan makanan yang Anda konsumsi. Trimester awal dapat dibilang merupakan masa-masa yang cukup krusial karena janin benar-benar membutuhkan banyak asupan makanan yang bernutrisi agar dapat berkembang dengan baik.

Jika Anda merupakan penggemar minuman berkafein, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut karena ia dapat mengganggu tumbuh kembang janin. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan-makanan dengan bahan kimia pengawet. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi ikan laut, karena beberapa ikan laut memiliki kandungan merkuri yang dapat berbahaya bagi janin. Anda dapat mengkonsumsi ikan salmon yang memiliki resiko terkena paparan merkuri yang lebih sedikit, selain itu ikan salmon juga sangat bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan setengah matang seperti sushi, sate, steak, atau telur setengah matang. Karena pada daging hewan dan sayuran yang tidak diproses secara matang terdapat protozoa yang bernama toxoplasma gondii yang dapat mengancam kesehatan janin.

kehamilan-sehat

  • Pandai-Pandai Mengelola Emosi

Saat usia kehamilan awal, Anda akan merasakan gejolak emosi yang tidak stabil. Hal tersebut sangatlah wajar karena tubuh Anda mengalami perubahan hormon sehingga mempengaruhi kestabilan emosi Anda. Namun, ada baiknya Anda belajar untuk mengendalikan emosi tersebut dengan cara seperti mengikuti program yoga untuk ibu hamil.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Bagi Anda yang sedang hamil, paparan rokok dan alkohol tidak hanya membahayakan kesehatan Anda tetapi juga kesehatan janin Anda. Senyawa monoksida dalam rokok dan kandungan rum serta bahan kimia yang ada di dalam minuman beralkohol dapat menyebabkan kesehatan janin terganggu, bahkan dapat mengakibatkan bayi lahir prematur.

Demikianlah tips-tips menjaga kehamilan sehat. Semoga membantu Anda.

author
No Response

Leave a reply "Tips-Tips Meraih Kehamilan Sehat Pada Usia Kehamilan Trimester Pertama"