Tips Untuk Ibu Yang Menyusui Pada Saat Puasa

Mother breastfeeding her baby
Puasa bagi umat Islam merupakan salah satu ritual agama yang wajib hukumnya. Puasa tidak hanya digunakan sebagai sarana beribadah menahan nafsu, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Dan walaupun puasa diwajibkan untuk semua umat, ada beberapa golongan yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Salah satunya adalah ibu yang menyusui. Tapi, tak jarang ibu yang sedang dalam masa menyusui bersikeras untuk tetap berpuasa. Karena memang, pastinya Anda pun tidak ingin melewatkan nikmatnya berpuasa. Nah, agar ibadah puasa dan program menyusui Anda berlangsung lancar, berikut adalah tips untuk ibu yang menyusui pada saat puasa.

 
• Memperbanyak Konsumsi Cairan Saat Sahur dan Berbuka
Saat Anda berpuasa, Anda tidak akan dapat mengkonsumsi cairan kapanpun Anda menginginkannya. Sebagai dampak dari akses terhadap cairan yang terbatas tersebut, persediaan cairan tubuh pun akan berkurang sebanyak 2-3 persen. Produksi ASI pun akan mengalami penurunan sebagai salah satu usaha tubuh dalam mencegah Anda terkena dehidrasi. Tips untuk ibu yang menyusui pada saat puasa adalah, pastikan Anda mengkonsumsi cukup cairan saat sahur dan berbuka.

 
• Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi
Memastikan konsumsi makanan Anda mengandung gizi yang cukup juga sangat penting, tidak hanya untuk menjamin kelancaran puasa Anda, tapi juga untuk menjamin kualitas ASI tidak menurun. Dalam sehari, Anda membutuhkan paling tidak 700 kalori di dalam tubuh untuk memproduksi ASI yang berkualitas. Perbanyaklah konsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi untuk mengimbangi jumlah kalori yang hilang selama Anda berpuasa.

 
• Istirahat yang Cukup
Walaupun dengan asupan sahur yang tepat pun, menghilangnya asupan makanan selama sehari penuh bisa membuat tubuh Anda merasa lemas dan kelelahan. Dan saat Anda kelelahan, tubuh tidak akan bisa memproduksi pasokan ASI yang cukup untuk si buah hati. Maka dari itu, Anda perlu benar-benar menjaga kondisi stamina Anda, Moms. Jangan sampai Anda beraktivitas yang terlalu berat sehingga mengakibatkan tubuh Anda kelelahan. Jika dirasa tubuh Anda sedikit lelah, cobalah untuk beristirahat sesering mungkin.

 
• Pompa ASI di Malam Hari
Selama Anda berpuasa di siang hari, pasokan ASI yang diproduksi oleh tubuh akan berkurang, sedangkan baru di malam hari setelah Anda berbuka jumlah asupan ASI kembali meningkat. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan waktu malam hari secara sebaik-baiknya dengan memompa ASI sebagai persediaan untuk siang hari.

 
Demikianlah beberapa tips untuk ibu yang menyusui pada saat puasa. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Tips Untuk Ibu Yang Menyusui Pada Saat Puasa"