Tunda Pemotongan Tali Pusat Ternyata Ada Manfaatnya Bunda!

Katalogibu – Setelah bayi lahir biasanya segera dilakukan penolongan kelahiran memotong tali pusat bayi dan menyisakan beberapa sentimeter yang nantinya akan lepas sendiri. Namun penelitian baru-baru ini menyatakan menunda memotong tali pusat bayi ternyata memiliki manfaat yang tidak banyak orang tahu. Delay cord clamping ialah praktek penundaan dan pemotongan tali pusat bayi dimana tali pusat tidak dijepit atau dipotong sampai setelah denyut berhenti atau sampai plasenta lahir seutuhnya. Semakin maraknya orang tua yang memilih cara kelahiran dengan lotus birth dibarengi dengan banyaknya orang tua yang memilih penundaan pemotongan tali pusat bayi.

Saat ini banyak bukti berdasarkan penelitian ilmiah yang terpercaya bahwa pengekleman dan pemotongan tali pusat segera setelah bayi lahir dapat membahayan sang bayi. Begitu sebaliknya, penundaan pengekleman tali pusat memiliki banyak manfaat untuk bayi dan ibu. Berikut adalah beberapa manfaat menunda pemotongan tali pusat pada bayi :

  1. Menunda penjepitan tali pusat untuk bayi bermanfaat memberi kesempatan untuk darah merah, sel – sel batang dan sel kekebalan tubuh untuk ditransisi ke tubuh bayi di luar rahim. Sedangkan untuk ibu bayi memiliki manfaat dapat mengurangi komplikasi seperti pendarahan.
  2. Penundaan pemotongan tali pusat bayi juga bermanfaat berkurangnya resiko anemia, pendarahan pada otak bayi dan infeksi berat.
  3. Bayi yang ditunda pemotongan tali pusatnya akan memiliki kadar zat besi yang lebih tinggi pada usia empat bulan, yang sangat penting untuk membuat jalur saraf bekerja.
  4. Pada saat anak sudah berumur empat tahun sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang telah menunda penjepitan saluran menunjukkan peningkatan kemampuan motoric halus dan kemampuan bersosialisasi terutama pada anak laki – laki.
  5. Menunggu beberapa menit sebelum penjepitan tali pusat memungkinkan ada lebih banyak pasokan darah segar kaya zat besi yang dikirimkan dari plasenta untuk mencapai bayi yang lahir. Aliran darah segar mungkin masih mengalir sampai lima menit setelah bayi lahir, transfer darah plasenta paling optimal terjadi dalam menit pertama dan ada peningkatan bukti bahwa ia memiliki manfaat kesehatan untuk pernafasan bayi.

Namun, keputusan tentang langsung memotong atau menunda pemotongan tali pusat bayi harus dilakukan diskusi terlebih dahulu oleh pihak dokter dan orang tua. Tergantung proses kelahiran, kesehatan bayi dan kondisi ibu. Dokter tidak akan menunda pemotongan tali pusat bayi jika bayi diketahui memiliki masalah pernapasan. Well, ternyata banyak juga manfaat menunda pemotongan tali pusat bayi pasca melahirkan ya Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Tunda Pemotongan Tali Pusat Ternyata Ada Manfaatnya Bunda!"