Waktu yang Tepat Mengenalkan Makanan Pertama Bayi

makanan pertama bayi

Kapan mulai mengenalkan makanan pertama bayi yang tepat, Bunda? Memulai pemberian makanan padat pada si Kecil tentunya tak boleh asal, melainkan butuh waktu yang tepat dan strategi khusus agar si Kecil tak merasa ‘terkejut’ dengan makanan asing yang masuk ke mulutnya.

Sebagai Bunda yang cermat, ini tentunya menjadi pekerjaan rumah Anda selaku orang paling dekat dan mengerti si Kecil. Nah, untuk mengetahui waktu yang tepat memberikan makanan pertama bayi ini, Anda perlu cermat mengamati setiap tanda-tanda kesiapan yang ditunjukkan buah hati. Apa sajakah penanda kesiapan buah hati menyambut makanan pertamanya, Bun? Yuk, intip informasinya berikut ini:

  1. Inilah tandanya!

Biasanya, bayi mulai siap untuk menyantap makanan pertamanya antara usia 4 hingga 6 bulan, bergantung pada kondisi dan pertumbuhan masing-masing bayi. Bunda dapat mengamati tanda-tanda bayi siap menerima suapan pertamanya melalui beberapa tingkah laku dan respons yang ditunjukkannya kepada Bunda, misalnya saat Bunda meletakkan sendok berisi sereal di mulutnya dan ia menelannya.

Selain itu, perkembangannya juga penting untuk menjadi tolok ukur dan pertimbangan Bunda dalam menentukan keputusan kapan harus memberikan sarapan pertama si Kecil. Jika Bunda melihat ia sudah mampu duduk dengan kekuatannya sendiri, meraih makanan di piring atau melihat ketertarikannya terhadap makanan saat Anda sarapan, itu bisa jadi merupakan tanda-tanda untuk Bunda.

  1. Pilihan pertama: sereal!

Jika Bunda sudah sedemikian yakin akan tanda-tanda kesiapan si Kecil menerima makanan pertama bayi, maka kini saatnya mempersiapkan makanan yang tepat untuk mulut dan pengecapnya yang masih halus. Untuk mengenalkan si Kecil pada makanan pertama kalinya, gunakan kudapan yang lembut seperti sereal agar untuk memudahkan ia menelan dan mencernanya.

Untuk bayi yang baru memasuki proses mengenal makanan, sereal adalah makanan pertama terbaik baginya. Ini disebabkan sereal memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut sehingga cocok untuk mulut bayi. Selain sereal, Bunda pula mengenalkan si Kecil pada bubur atau puree daging, kacang-kacangan, atau buah serta sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

  1. Cermati isyarat bayi

Saat mendapati makanan pertamanya, tak jarang bayi akan memunculkan berbagai macam reaksi yang bisa jadi mengejutkan Bunda. Reaksi seperti meludah, bersendawa, atau memutar kepalanya bisa jadi merupakan pertanda bahwa ia sudah cukup kenyang dengan suapan yang Bunda berikan. Untuk itu, Bunda harus cermat dan jeli mengartikan setiap isyarat dan perilaku yang ditunjukkan buah hati.

Nah Bunda, itulah beberapa cara cerdas memberikan makanan pertama bayi pada buah hati. Pada perkembangan usianya nanti, Bunda sebaiknya lebih kreatif dalam mengenalkan berbagai jenis makanan pada si Kecil misalnya buah-buahan, sayuran, dan makanan olahan yang beraneka ragam agar selera makannya lebih meningkat. Semoga bermanfaat ya, Bun!

 

 

author
No Response

Leave a reply "Waktu yang Tepat Mengenalkan Makanan Pertama Bayi"