Waspada dan Kenali Herpes Gestationis

No comment 167 views

 

Stomach of pregnant woman

Moms, pernahkah Anda mendengar istilah penyakit Herpes Gestationis? Sekilas, Anda mungkin menganggap kalau penyakit ini merupakan salah satu cabang dari penyakit Herpes. Walaupun mirip, Herpes Gestationis adalah jenis penyakit yang jauh berbeda dari penyakit Herpes yang umumnya kita ketahui.
Penyakit Herpes Gestationis (Pemphigoid Gestationis) adalah sejenis penyakit auto-imun langka yang menyerang ibu hamil. Penyakit ini menyerang ibu hamil saat usia kehamilan menginjak usia trimester kedua dan trimester ketiga. Herpes Gestationis disebabkan oleh sistem imun tubuh bernama Immunoglobulin tipe G (IgG) yang menyerang jaringan tubuh, lebih tepatnya zat protein BPAG2 yang ada di bagian antara epidermis dan dermis. Sebagai akibat dari serangan tersebut, lapisan kulit bagian luar akan melepuh dan membentuk ruam-ruam merah.
Gejala awal dari penyakit ini adalah munculnya benjolan-benjolan berwarna merah yang terasa sangat gatal di area sekitar perut. Dalam jangka waktu hari, atau bahkan minggu, ruam-ruam tersebut akan menyebar ke area tubuh yang lain. Seperti area pinggul, punggung, pantat, dan lengan. Pada minggu ke-2 hingga minggu ke-4, barulah lepuhan-lepuhan gatal berwarna merah terbentuk pada beberapa bagian tubuh Anda. Tergantung pada tiap individu, beberapa ibu hamil tidak mengalami kulit melepuh, melainkan bercak-bercak merah pada sekujur tubuhnya. Hingga saat ini masih belum diketahui faktor yang berperan dalam perbedaan gejala tersebut.
Herpes Gestationis sebenarnya bukanlah penyakit fatal yang dapat mengancam kehamilan. Beberapa ibu hamil mengaku bahwa gejala penyakit tersebut memudar dan bahkan hilang sepenuhnya saat mendekati masa persalinan. Akan tetapi, tidak jarang beberapa ibu hamil justru mengalami gejala yang kian menjadi saat mendekati waktu persalinan. Sebagian ibu hamil pulih total dalam hitungan hari setelah persalinan, namun pada beberapa kasus penyakit ini tidak menghilang hingga mencapai hitungan bulan atau bahkan tahun.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, secara garis besar penyakit Herpes Gestationis ini bukanlah penyakit yang mematikan. Namun, walaupun jarang, penyakit ini juga dapat bertemu dengan penyakit lain yang kemudian mengakibatkan komplikasi kehamilan. Dampak yang dihasilkan oleh komplikasi kehamilan tersebut antara lain:
– Benjolan-benjolan merah tersebut juga akan menulari bayi, walaupun selama ia memperoleh asupan kolostrum dari ASI maka dengan sendirinya benjolan melepuh tersebut akan hilang dengan sendirinya
– Infeksi sekunder yang mengakibatkan bekas luka permanen pada kulit ibu, dan
– Terjadinya kelahiran prematur.
Semoga informasi singkat tentang Herpes Gestationis ini bermanfaat untuk Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Waspada dan Kenali Herpes Gestationis"