Waspada Depresi saat Hamil! Lakukan 3 Hal ini

Waspada Depresi saat Hamil! Lakukan 3 Hal ini

Depresi saat hamil – Kehamilan adalah hadiah bagi setiap pasangan suami istri, dan kehamilan merupakan saat yang membahagiakan bagi setiap wanita yang akan menjadi calon ibu. Namun bagi sebagian wanita hamil menganggap kehamilan adalah masa yang membingunkan, sengsara, stress dan depresi. Kebanyakan hal tersebut terjadi karena calon ibu baru pertama kali menghadapi kehamilan.

Menurut studi terdapat sekitar 10-20% dari 360 wanita hamil berusaha untuk melawan gejala depresi dan seperempat sampai setengahnya terkena depresi yang berat. Maka artinya 10% dari mereka mengalami depresi saat hamil dan hanya 6,8% yang mengalami depresi pasca kehamilan. Sebenarnya apa yang menyebabkan depresi saat hamil tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Depresi saat hamil merupakan gangguan mood yang sama halnya terjadi pada orang awam secara umum, dimana pada kejadian depresi tersebut akan terjadi perubahan kimiawi pada otak.

Depresi saat hamil biasanya juga dikarenakan adanya perubahan hormon yang berdampak mempengaruhi mood ibu hamil sehingga ia merasa kesal, jenuh atau sedih. Selain itu, gangguan tidur yang kerap terjadi menjelang proses kelahiran juga mempengaruhi ibu hamil karena letih dan kulit muka menjadi kusam.

Adanya kekhawatiran akan kandungan, sering muntah pada awal trimester pertama, dan masalah-masalah lain juga merupakan penyebab terjadinya depresi saat hamil. Ibu hamil akan terus-menerus mengkhawatirkan keadaan bayinya dan ini akan membuatnya merasa tertekan.

Terjadinya depresi saat hamil akan membahayakan ibu hamil dan janin yang ada di dalam rahim. Depresi saat hamil juga akan membuat ibu hamil mengalami perubahan kondisi plasenta sehingga berpengaruh pada proses pembentukan bayi. Untuk itu ibu hamil harus mengatasi depresi dengan cara berikut :

1. Istirahat yang cukup
Agar terhindar dari depresi saat hamil hal paling mudah yang harus dilakukan yaitu beristirahat yang cukup. Lakukan kegiatan yang dapat menyenangkan hati atau sekedar makan siang di restaurant favorit sambil berkeluh kesah dengan sahabat, bisa menjadi alternatif.

2. Sharing dengan suami
Sempatkan sedikit waktu untuk berbincang dan menyampaikan segala kekhawatiran kepada suami. Hal ini akan membuat ibu hamil tidak merasa sendirian dalam menjalani masa kehamilan dan dengan demikian akan mengurangi depresi saat hamil.

3. Melakukan yoga
Selain dapat melatih dan mempersiapkan organ-organ tubuh untuk menghadapi masa persalinan, kegiatan yoga ini juga baik dilakukan untuk menenangkan pikiran melalui pengaturan sirkulasi pernapasan.

Agar bayi lahir sehat  sebaiknya ibu tidak mengalami depresi saat hamil yang berlebihan. Semoga tips di atas akan membantu ibu hamil yang mengalami depresi. Baca juga : Tampil Bugar dan Cantik saat Hamil? Perhatikan 3 Tips ini

author
No Response

Leave a reply "Waspada Depresi saat Hamil! Lakukan 3 Hal ini"