Waspadai Efek Negatif Televisi Untuk Anak

No comment 1066 views

dampak televisi terhadap anak

Moms, apakah si Kecil hobi nonton televisi? Tayangan dengan berbagai gambar lucu dan cerita yang menarik membuat anak semakin hari semakin gemar nonton televisi. Namun, terlalu banyak nonton TV ternyata berdampak terhadap psikologi anak.

Yuk, simak dampak negatif televisi terhadap psikologi anak berikut ini:

  • Mengurangi semangat belajar

Efek tayangan yang menarik membuat anak semakin senang untuk duduk berlama-lama di depan televisi. Dampaknya, anak jadi lebih suka menonton televisi daripada melihat tulisan-tulisan yang kurang menarik di buku pelajaran. Secara tidak langsung, hal ini mempengaruhi psikologi anak sehingga buah hati menjadi malas belajar.

  • Menyederhanakan pola pikir

Tayangan televisi yang kurang edukatif tentu sangat berpengaruh pada pola pikirnya. Anak dimanjakan dengan hal seru yang tidak mengajaknya untuk beraktivitas dan berpikir sederhana. Daya imajinasi anak juga tidak akan bisa berkembang lebih baik karena si Kecil begitu asik mengikuti alur cerita yang tersaji tanpa berpikir lagi.

  • Mempengaruhi sikap

Tontonan yang tidak memberikan celah bagi si Kecil untuk berpikir kritis akan mempengaruhi perkembangan psikologi anak dan sikapnya. Anak yang saat ini dalam fase ‘melihat dan meniru’ akan sangat mudah terpengaruh dengan apa yang ditontonnya.

Tentu Anda pernah mendengar mengenai banyaknya tayangan televisi yang membuat si Kecil bertindak di luar perkembangannya, misalnya menghajar kawan sekelas. Jika Anda membiarkan si Kecil menonton televisi, pilihlah tayangan edukatif yang bisa mengajaknya untuk berpikir dan beraktivitas sehingga perkembangannya tetap berjalan dengan baik.

  • Mengurangi kreativitas

Kegemaran melihat TV, membuat si Kecil jadi jarang bermain sehingga ia terlalu dimanjakan dengan hiburan-hiburan. Cukup memencet remote, maka anak dengan mudah menemukan tontonan yang dia mau. Dengan begitu, buah hati seakan tidak diberikan pilihan lain untuk mencari aktivitas yang membuatnya lebih kreatif lagi.

  • Memperburuk interaksi

Sosialisasi dengan teman sebaya sangatlah perlu untuk mendukung perkembangan psikologisnya sesuai dengan usia. Jika buah hati gemar nonton televisi daripada bermain di luar dengan kawan sepermainan, maka hal tersebut bisa mempengaruhi psikologi anak. Si Kecil jadi lebih suka menyendiri dan enggan bergabung dengan temannya.

Nah, itulah beberapa efek negatif televisi yang mempengaruhi psikologi anak. Sebagai orang tua, tentu saja perlu memberikan bimbingan dan pengawasan selama anak berada dalam masa pertumbuhan. Jangan lupa pilih tayangan yang bermanfaat untuknya ya, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Efek Negatif Televisi Untuk Anak"