Wow! Ternyata Ini Lho Manfaat Anak Belajar Makan Sendiri

Selama 6 bulan awal masa kehidupannya di dunia, si kecil memang sepenuhnya bergantung pada asupan ASI yang diberikan oleh ibundanya. Mereka baru bisa diperkenalkan makanan MPASI setelah menginjak 6 bulan ke atas, dan ketika mereka menginjak usia 10 bulan di situlah saat dimana rutinitas makan jadi carut marut dan super berantakan. Walhasil untuk mencegahnya banyak ibu yang lebih memilih untuk menyuapi anaknya. Padahal ada banyak lho manfaat anak belajar makan sendiri.

  • Membantu Melatih Sistem Motorik Anak

Selain melatih kemandirian anak, manfaat anak belajar makan sendiri juga bisa membantu melatih daya motorik si kecil. Sejak usia di bawah 6 bulan, bayi memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dan salah satunya adalah kemampuan motorik yang meliputi kemampuan bayi dalam mengontrol otot-otot tubuhnya.

Kemampuan koordinasi tubuh ini harus selalu diasah, Moms. Dan salah satunya adalah dengan membiarkan si kecil makan sendiri. Anda juga bisa memberikannya makanan yang pas di genggaman jari kecilnya, yaitu finger food yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan. Sedikit messy tak mengapa kan, Moms?

  • Bayi Jadi Bisa Mengontrol Porsi Makan

Anda mungkin ibundanya, tapi tetap saja Anda akan mengalami kesulitan dalam menentukan porsi makanan si kecil. Anda seringkali khawatir bahwa bisa jadi si kecil tidak cukup makan sehingga ujungnya Anda pun memberikan makanan dalam jumlah yang besar. Akibatnya si kecil jadi kekenyangan, deh.

Di situlah pentingnya Anda membiarkan si kecil makan makanannya sendiri. Dengan demikian bayi Anda pun akan belajar bagaimana cara mengidentifikasi rasa kenyang, sehingga kecil kemungkinan bayi Anda makan terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

Dan harap diingat bahwa tidak semua bayi sama, dan mereka juga memiliki ukuran kenyang yang sama. Jadi jika si kecil makan lebih sedikit dibandingkan anak tetangga namun ia terlihat sehat dan ceria, jangan dipaksakan untuk makan lebih banyak, ya?

Saat ia belajar makan untuk pertama kalinya, sudah pasti kebiasaan makannya masih sangat berantakan. Harap dimaklumi saja, Moms karena toh ia masih berada di tahap belajar. Untuk membantu proses pembelajarannya persenjatai ia dengan peralatan makan sendok dan garpu yang pas di genggamannya dengan ukuran yang sesuai.

Dan untuk mencegah makanan menempel ke pakaian si kecil, ikatkan celemek makian untuk menutupi bagian bajunya. Jadi kalaupun berantakan Anda tidak harus mencuci pakaian si kecil. Less works to do, right?

Manfaat anak belajar makan sendiri ternyata jauh lebih besar, kan? Memang benar kalau berani kotor itu baik.

author
No Response

Leave a reply "Wow! Ternyata Ini Lho Manfaat Anak Belajar Makan Sendiri"