Young Mommies, Inilah Cara Memompa ASI Yang Benar

Cara Memompa ASI

ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan bayi Anda yang pertama semenjak ia lahir ke dunia. ASI sangat dibutuhkan oleh bayi karena di dalam ASI terdapat berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya, sehingga sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan dasar bayi Anda dengan memberikan ASI secara rutin. Dan tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi ibu-ibu muda yang juga merangkap sebagai wanita karier. Untungnya, kini Anda dapat menampung ASI selama di tempat kerja dengan menggunakan pompa ASI. Akan tetapi, bagaimanakah cara memompa ASI yang benar?

Cara memompa ASI yang benar tentunya berbeda-beda, bergantung dari jenis pompa ASI yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan pompa ASI manual, maka Anda perlu bersiap-siap untuk sedikit merasa capek dengan kegiatan memompa ASI.  Baca juga: Inilah Makanan Pereda Nyeri Gigi Bayi Saat Gigi Tumbuh

Pertama-tama, Anda perlu duduk dengan posisi yang nyaman, baik dengan bersandar di dinding maupun duduk di atas kursi sofa. Usahakan Anda berada dalam suasana hati yang tenang dan rileks. Setelah itu, tempatkan corong pompa ASI tepat di bagian areola dari payudara Anda dan Anda dapat mulai menarik tuas pompa untuk mengeluarkan ASI. Pompa ASI manual yang tidak cocok dapat mengakibatkan lecet pada bagian areola sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Jadi pastikan bahwa pompa ASI yang Anda miliki dilengkapi dengan pelindung untuk mencegah timbulnya lecet.

Selain pompa ASI manual, juga terdapat pompa ASI elektrik. Dan tidak seperti pompa ASI manual, pompa ASI elektrik dijalankan dengan tenaga baterai sehingga lebih praktis dan tidak membuat Anda merasa lelah. Anda hanya perlu menekan panel pada mesin pompa ASI dan dengan demikian proses pemompaan ASI pun dapat berlangsung dengan cepat. Akan tetapi, pompa ASI listrik memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah ia menimbulkan suara yang cukup berisik sehingga Anda bisa jadi merasa risih dan tidak nyaman, terutama jika Anda memompa ASI di bilik kamar mandi umum.

Yang manapun cara memompa ASI  yang Anda praktekkan, Anda perlu memperhatikan satu hal yang sangat penting yaitu kebersihan pompa dan botol ASI. Pompa atau botol ASI yang tidak dicuci dengan bersih akan menjadi sarang bakteri dan kuman, dan jika ASI botol yang telah terkontaminasi oleh kuman tersebut masuk ke dalam sistem pencernaan bayi, maka bayi Anda bisa terserang penyakit.

Ternyata cara memompa ASI yang benar sama sekali tidak rumit, ya? Semoga informasi ini dapat membantu Anda, terutama Anda yang baru saja menjadi seorang ibu.

author
No Response

Leave a reply "Young Mommies, Inilah Cara Memompa ASI Yang Benar"