Yuk, Ajak Bayi Bermain dengan Aman

No comment 713 views

bermain dengan bayi

Bermain dengan Bayi – Hal paling menyenangkan bagi orang tua adalah ketika melihat si Kecil tertawa terkekeh-kekeh karena senang bermain bersama. Tak harus memberinya mainan mahal, tetapi posisikan Anda sebagai temannya sehingga ia makin senang. Si Kecil yang memasuki usia 3 bulan ini lebih senang dengan hal-hal yang berwarna cerah, bergerak, dan mengeluarkan bunyi.

Untuk itu, lakukanlah hal-hal menarik seperti menggoyang-goyangkan kepala dan menari-nari di depannya. Dengan gerakan sederhana tersebut, si Kecil bisa tertawa hingga terpingkal-pingkal dan membuat Anda makin gemas untuk menggodanya. Namun, bagaimana pun juga Anda tak boleh kelewatan untuk mengajaknya bermain karena ia masih kecil. Yuk, simak tips mengajak bayi bermain berikut ini:

  • Berhati-hati

Tubuh si Kecil belum sempurna dengan baik. Tubuhnya masih terbilang cukup rapuh untuk diajak bermain berlebihan. Oleh karena itu, ajaklah si Kecil dengan aman saja yang tanpa membutuhkan alat bantu jika ia masih terbilang belum cukup aman untuk menggunakannya. Berikan si Kecil mainan yang lembut dan memiliki pinggiran tumpul sehingga tidak akan melukai tangannya saat dipegang.

  • Membuat Wajah Lucu

Jika Anda rasa mainan anak masih belum aman untuk dipegang si Kecil, ajaklah ia tertawa dengan membuat wajah menjadi lucu. Gerak-gerakkan kepala dan tempelkan ke perutnya untuk membuatnya makin geli saat melihat. Hal ini terbilang sangat aman dan bisa menciptakan suasana kedekatan antara orang tua dan anak.

  • Membelikan Mainan Sederhana

Membelikan mainan anak tidak bisa sembarangan tanpa bisa memperhatikan perkembangan dan keselamatannya. Berikan mainan anak yang bisa memberikan bunyi dan berguna untuk merangsang perkembangannya. Misalnya, ketika si Kecil mulai suka memasukkan segala sesuatu di dalam mulutnya, berikan ia mainan yang lembut dan tidak gampang patah. Pastikan mainan tersebut berukuran lebih besar dari mulutnya agar tidak mudah tertelan.

  • Mengajaknya Bermain Air

Air menjadi salah satu permainan yang disukai si Kecil dan cukup aman untuknya. Bahkan, beberapa anak bisa menghabiskan porsi makan saat tubuhnya terendam dalam air. Namun, tetap awasi saat ia sedang sibuk bermain air karena bisa jadi masuk ke lubang hidung atau telinga yang bisa membuatnya tidak nyaman.

Nah, itulah cara bermain dengan bayi yang aman. Anda juga bisa memutarkan musik saat bermain agar perkembangan otaknya bisa maksimal. Jika si Kecil tumbuh dengan baik dan sehat, tentu Anda senang kan!

 

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Ajak Bayi Bermain dengan Aman"