Yuk, Coba Memandikan si Kecil

No comment 816 views

perawatan bayi

Bun, apakah Anda masih takut memandikan si Kecil? Yah, permasalahan ini biasanya dihadapi oleh wanita yang baru melahirkan pertama kali. Banyak ibu yang takut melakukan perawatan bayi ini sehingga meminta bantuan pada nenek si Kecil atau saudara yang telah berpengalaman.

Sebenarnya, memandikan si Kecil merupakan hal yang mudah dan menyenangkan, asal sudah tahu aturan dasarnya. Untuk itu, yuk simak tips memandikan bayi yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini: (Baca juga: Yummy, Sup Bihun Ayam Jagung Manis Istimewa)

  • Siapkan Perlengkapan Mandi Terlebih Dahulu

Mandi menjadi  salah satu cara untuk menjaga kebersihan bayi agar selalu harum dan sehat. Sebelum memandikannya, persiapkan segala perlengkapan mandi bayi seperti bak mandi, sabun, handuk, pakaian bersih, minyak kayu putih, minyak telon, dan bedak. Siapkan semua perlengkapan tersebut di kamar tidur agar si Kecil tidak kedinginan terlalu lama.

  • Atur Temperatur Air

Suhu ideal air hangat yang digunakan untuk mandi si Kecil yaitu sekitar 90° F. Anda tak perlu mengisi bak mandi si Kecil sampai penuh. Cukup isi sekitar 7 cm saja untuk mengurangi risiko bayi tenggelam dalam bak mandi. Bukalah baju si Kecil setelah Anda menyiapkan air hangat untuk mandinya supaya ia tidak kedinginan dan masuk angin.

  • Masukkan Secara Perlahan

Cara memandikan si Kecil dengan benar yaitu dengan mengusap badannya terlebih dahulu dengan air yang akan dibuat mandi. Hal ini bertujuan agar si Kecil tidak kaget dan menagis apabila dimasukkan langsung ke dalam bak mandi. Setelah itu, masukkan secara perlahan dari kakinya terlebih dahulu dan pegangi bagian leher dan kepalanya.

  • Mengusap Wajah dan Kepala

Untuk membersihkan bagian wajah dan kepala, tak perlu memasukkannya ke dalam bak mandi. Cukup seka dengan lap basah atau washlap saja secara merata hingga bersih. Bersihkan juga bagian mulut dan dagunya untuk membersihkan bekas susu yang menetes. Saat menyeka bagian wajah ini, hati-hati ada air masuk ke dalam mulutnya atau hidung sehingga menyebabkan si Kecil pilek.

  • Bersihkan Tubuhnya dengan Lembut

Usai membersihkan bagian wajahnya, bersihkan bagian badan si Kecil dengan spon yang lembut. Usapkan pada bagian dada, perut, tangan, dan kaki dengan perlahan agar si Kecil senang dan tidak menangis. Bayi yang baru berusia beberapa minggu, tak perlu dimandikan dengan sabun karena kulitnya masih terlalu sensitif.

Bagaimana, Bun? Apakah melakukan perawatan bayi ini sulit? Setelah tahu  bagaimana cara yang benar, pasti Anda memiliki keberanian yang cukup untuk memandikannya. Selamat mencoba, Bun!

 

 

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Coba Memandikan si Kecil"