Yuk, Kenali Lebih dalam Fungsi Gizi pada Ibu Hamil

Yuk, Kenali Lebih dalam Fungsi Gizi pada Ibu Hamil

Fungsi gizi pada ibu hamil – Saat hamil, ibu memerlukan perhatian yang istimewa untuk dirinya dan janin dalam kandungan. Salah satu yang wajib diperhatikan ibu hamil yaitu kecukupan gizi demi menjaga kesehatan bumil dan janin, apalagi pemenuhan gizi ibu hamil semakin bertambah seiring bertambahnnya pula usia kehamilan ibu. Agar perkembangan janin semakin optimal ibu hamil harus menjaga pola makan dan selalu memperhatikan asupan gizi bahkan pada awal kehamilan.

Setiap tahap kehamilan memerlukan gizi yang sesuai hingga saat nanti bayi lahir bahkan saat proses menyusui. Namun sebenarnya taukah Anda fungsi gizi pada ibu hamil? Nutrisi menjadi pengobatan yang komplementer sehingga membantu dalam efektifitas dari pengobatan sehingga pada saat bersamaan dapat mengatasi efek samping bagi pasien. Karena itu, nutrisi atau gizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan yang optimal dan peningkatan kualitas hidup. Hasil ukur bisa dilakukan dengan metode antropometri.

Nutrisi dan gizi ibu hamil bersumber dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya, berikut jenis gizi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil dan harus menjadi perhatian khusus untuk perkembangan, kesehatan, serta pertumbuhan janin yang optimal.

Jenis – jenis nutrisi gizi dan manfaatnya

1. Asam folat
Salah satu nutrisi gizi untuk ibu hamil yang sangat penting adalah asam folat karena asam folat membantu pembentukan sel syaraf dan sel – sel lain pada janin. Anda bisa mendapatkan asam folat dari makanan seperti sayuran hijau, buah – buahan dan beras merah.

2. Zat besi
Selain asam folat, zat besi juga sangat penting karena berkaitan dengan pembentukan darah. Karena jika ibu hamil kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia yang sangat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janin dalam rahim.

3. Protein
Sama halnya dengan zat besi, protein juga berperan penting dalam pembentukan sel darah dalam tubuh selain itu protein juga bertugas untuk zat pembangun berbagai hal dalam tubuh. Tidak hanya protein, ibu hamil juga memerlukan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Anda bisa memperoleh sumber protein dari kacang – kacangan, biji – bijian, daging, keju, susu

4. Kalsium
Ibu hamil sangat memerlukan kalsium untuk membanti pembentukan tulang dan gigi pada janin selain itu kalsium juga menjaga kontraksi otot dan syaraf pada janin serta membantu pertumbuhan bayi. Ibu hamil memerlukan kalsium dalam sehari sebanyak 1000mg.

5. Vitamin
Beberapa jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu vitamin A, B, C, D, E, K. Tubuh tidak menghasilkan vitamin, untuk itu ibu hamil perlu mengonsumsi vitamin yang bermanfaat besar untuk metabolisme dalam tubuh.

Jenis – jenis nutrisi dan gizi di atas sangat diperlukan oleh ibu hamil dan harus dimasukan dalam daftar menu makanan harian Anda. Fungsi gizi pada ibu hamil sangat beragam, selain yang sudah dijelaskan di atas tadi masih banyak lagi manfaat gizi pada ibu hamil dan bayi lainya seperti dapat menghindari infeksi saat persalinan. Baca juga : 7 Makanan Sehat Dan Bergizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Kenali Lebih dalam Fungsi Gizi pada Ibu Hamil"