Yuk, Ketahui Suhu Yang Tepat Untuk Menyimpan ASI

uhu yang tepat untuk menyimpan ASI

Di 6 bulan awal hidupnya di dunia, bayi Anda memerlukan asupan ASI secara intensif dari Anda. Namun dengan kehidupan ibu-ibu modern yang juga merangkap sebagai wanita karier, pemberian ASI untuk bayi pun menjadi sedikit sulit. Walaupun, tentu saja untuk memecahkan masalah tersebut pun bukanlah menjadi sesuatu yang sulit. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menyimpan beberapa botol ASI cadangan di kulkas, sehingga terlepas dari kesibukan kantor yang Anda jalani, bayi Anda pun masih dapat mendapatkan ASI yang cukup. Nah, berikut adalah beberapa tips dalam mengatur suhu yang tepat untuk menyimpan ASI.

Mengetahui suhu yang tepat untuk menyimpan ASI tentunya sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan daya tahan dari ASI tersebut sepenuhnya bergantung pada suhu penyimpanan dari ASI. Misalnya, jika ASI botolan tersebut disimpan di dalam ruangan dengan suhu ruang sekitar 25 derajat celsius, maka ASI tersebut dapat bertahan selama sekitar 6 jam.

Sedangkan jika Anda menginginkan agar ASI tersebut tahan lebih lama, ada baiknya Anda memanfaatkan kulkas atau paling tidak boks pendingin. Karena ASI yang disimpan di dalam ice box dengan ice pack, akan dapat bertahan lebih lama yaitu sekitar 24 jam. Apabila Anda ingin ASI perah tersebut bertahan selama beberapa hari, maka Anda dapat menyimpan ASI tersebut di dalam kulkas di bagian lemari pendingin dengan suhu kurang lebih 4 derajat celsius. Dengan demikian, ASI perah untuk bayi Anda akan dapat bertahan selama 5 hari. Untuk jangka waktu yang paling awet, masukkan ASI botolan ke dalam freezer dengan suhu freezer yang di-set dengan suhu 18 derajat celsius, atau lebih tepatnya di bawah titik beku. ASI yang disimpan di dalam suhu tersebut dapat tahan hingga 6 bulan. Jadi, semuanya kembali pada kebutuhan Anda, Moms.

Akan tetapi, sebelum memutuskan suhu yang digunakan untuk menyimpan ASI, perlu diperhatikan bahwa proses pembekuan ASI tersebut berisiko menghilangkan beberapa zat penting yang ada di dalam ASI tersebut. Tentu saja, semakin lama Anda membekukan ASI botolan untuk bayi Anda, maka semakin banyak pula kandungan vitamin yang menghilang. Namun demikian, kandungan gizi dari ASI tersebut tentunya masih jauh lebih tinggi dibandingkan dengan susu formula.

Semoga informasi mengenai tips mengatur suhu yang tepat untuk menyimpan ASI di atas bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Ketahui Suhu Yang Tepat Untuk Menyimpan ASI"