Yuk, Persiapkan Persalinan Sejak Dini!

No comment 1475 views

persiapan persalinan

Persiapan persalinan- Apakah Ibu tengah disibukkan dengan urusan persiapan persalinan? Proses melahirkan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu sekaligus menegangkan bagi sebagian Ibu, terutama bagi mereka yang baru menjalani kehamilan pertama. Untuk menyambut waktu melahirkan tiba, sebaiknya melakukan persiapan kelahiran sejak dini agar batin Ibu merasa tenang ketika hari persalinan tiba.

Selain itu, persiapan persalinan yang dilakukan jauh-jauh hari dengan baik tentu akan memperlancar proses persalinan Ibu. Nah, berikut ini adalah informasi bermanfaat terkait persiapan persalinan yang ditujukan khusus untuk Ibu. Yuk, disimak baik-baik:

  1. Metode bersalin

Dalam melakukan persiapan melahirkan, salah satu hal yang harus Ibu diskusikan dengan suami adalah terkait metode besalin yang hendak dijalani. Pemilihan metode persalinan baik normal ataupun melalui operasi baiknya didiskusikan terlebih dahulu jauh-jauh hari. Sebaiknya, pemilihan metode persalinan ini juga melibatkan saran dokter kandungan yang Ibu percayai. Pemilihan metode persalinan ini hendaknya menyesuaikan kemampuan keluarga, termasuk kemampuan finansial dan kesehatan Ibu.

  1. Pemilihan tempat bersalin

Setelah Ibu menentukan metode melahirkan yang hendak dilakukan, hal kedua yang patut dicermati ketika melakukan persiapan kelahiran adalah terkait pemilihan tempat bersalin. Pemilihan tempat ini baiknya mempertimbangkan jarak, fasilitas, dan pelayanan tempat bersalin. Termasuk juga, biaya persalinannya, sebaiknya Ibu ketahui jauh-jauh hari agar dapat melakukan persiapan melahirkan dengan baik.

  1. Menentukan tenaga medis persalinan

Selain memilih metode dan tempat bersalin, sebaiknya dari awal Ibu juga telah menentukan tenaga atau ahli medis yang hendak dipercaya untuk membantu persalinan. Baik meminta bantuan tenaga dokter atau bidan, sebaiknya itu ditentukan dari awal. Akan lebih baik lagi jika menentukan tenaga medis di masa-masa awal kehamilan sekaligus melakukan konsultasi perkembangan kehamilan bersamanya.

  1. Kenali tanda-tanda kelahiran dengan benar

Persiapan persalian selanjutnya yang penting adalah mengenali tanda-tanda kelahiran. Bagi ibu  yang baru pertama kali hamil dan belum memiliki pengalaman bersalin, sangat penting untuk mengetahui dan mengenali tanda-tanda kelahiran yang dengan baik agar tidak keliru mengartikan kontraksi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait tanda-tanda tersebut, baik itu dari buku, dokter, maupun bertanya langsung pada ibu-ibu yang telah berpengalaman melahirkan.

  1. Berdiskusi dengan pasangan

Menjelang proses melahirkan, banyak persiapan persalinan yang harus dibicarakan dengan suami. Pastikan Ibu selalu mendiskusikan hal-hal tersebut bersamanya, bahkan dari hal terkecil seperti memilih warna untuk kamar si Kecil hingga memilih nama untuknya kelak. Pastikan keputusan terkecil apapun adalah hasil kesepakatan bersama, antara Ibu dan pasangan.

  1. Persiapkan perlengkapan

Tentunya Ibu dan pasangan sudah jauh-jauh hari membeli perlengkapan persalinan dan perlengkapan bayi, bukan? Nah, agar semua barang untuk persiapan melahirkan tersebut tersedia saat dibutuhkan dan mudah dicari dengan cepat, maka tempatkan semua itu pada satu tempat yang mudah dibawa dan dijangkau, misalnya tas khusus persalinan. Pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan saat persalinan, termasuk pakaian ganti untuk Ibu dan si Kecil, masuk ke dalam tas dan tidak ada yang telewat satupun.

Selain persiapan persalian tersebut, ada satu hal yang jauh lebih penting untuk Ibu persiapkan, yaitu  mental. Banyaklah bertanya dan meminta masukan pada dokter ataupun orang-orang yang telah berpengalaman agar persalinan Ibu berjalan lebih lancar. Semoga bermanfaat!

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Persiapkan Persalinan Sejak Dini!"