Yuk, Sadari Manfaat Menjaga Jarak Kehamilan!

Manfaat Menjaga Jarak Kehamilan

Bayi pertama Anda kini telah semakin beranjak besar, dan seperti layaknya orangtua pada umumnya, Anda dan pasangan pun pasti akan merencanakan kehamilan selanjutnya untuk memberi adik bagi anak Anda pertama. Kehadiran anak kedua dengan segera setelah anak pertama lahir diharapkan dapat membantu keduanya menjadi lebih dekat kelak. Lagipula, dengan kehadiran dua orang anak pastinya akan membuat rumah tangga Anda lengkap dan lebih meriah, bukan? Tetapi, tahukah Anda bahwa sebaiknya seorang ibu memberikan jeda waktu yang cukup sebelum kembali hamil? Kira-kira apa saja manfaat menjaga jarak kehamilan?

  • Pemulihan Ibu Pasca Persalinan Pertama

Para ahli kedokteran menyarankan Anda untuk memberikan jarak selama 2 tahun jika Anda berencana untuk memiliki anak kedua, dan tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan. Manfaat menjaga jarak kehamilan yang pertama adalah untuk memberikan waktu pemulihan bagi ibu pasca persalinan pertama.  Baca juga: Wajib Waspada! Berikut Adalah Dampak Hipertensi Saat Hamil

Setelah Anda mengandung anak selama 9 bulan, tubuh Anda, terutama otot-otot rahim memerlukan waktu untuk pulih seperti sediakala. Kehamilan yang terlalu cepat dapat membebani otot rahim yang belum sepenuhnya kuat, sehingga dapat memperbesar timbulnya komplikasi kehamilan, seperti pre-eclampsia, pendarahan, anemia, darah tinggi, kelahiran bayi prematur hingga keguguran janin.

  • Menghindari Kekurangan Nutrisi Pada Bayi

Selama Anda mengandung anak pertama, tubuh Anda sibuk melakukan adaptasi untuk menjadikan bayi Anda sebagai prioritas dalam perolehan nutrisi. Setelah Anda melahirkan, lagi-lagi Anda kehilangan sejumlah besar nutrisi di dalam tubuh Anda dan memberikannya pada bayi Anda melalui ASI.

Apabila Anda memutuskan untuk kembali hamil dalam jangka waktu yang sangat singkat, tubuh Anda tidak akan memiliki nutrisi yang cukup untuk menyokong bayi baru Anda maupun Anda sendiri. Anda pun akan terancam mengalami kekurangan nutrisi, dan hal tersebut juga dapat berdampak pada bayi Anda, dimana bayi Anda pun akan mengalami kekurangan nutrisi.

  • Memperkuat Hubungan Antara Ibu dan Anak

Anak Anda mungkin bukan lagi seorang bayi, akan tetapi tetap saja ia membutuhkan perhatian penuh dari Anda. Anak-anak pada usia semuda itu masih sangat haus akan kasih sayang dari orangtuanya dan tentunya mereka belum siap untuk membagi kasih sayang orangtuanya dengan future-sibling mereka.

Hal yang terjadi pada umumnya adalah orangtua akan memerintahkan anak pertama mereka untuk menjadi seorang kakak yang bertanggung jawab dan menjadi role model bagi adiknya, sayangnya, harapan tersebut terlalu tinggi untuk dipenuhi oleh anak pertama yang berusia relatif terlalu muda. Mereka pun akan sering merasa cemburu dengan adik mereka dan tidak mengherankan jika pertengkaran antara dua bersaudara pun akan sering terjadi.

Demikianlah beberapa manfaat menjaga jarak kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Sadari Manfaat Menjaga Jarak Kehamilan!"