Yuk, Simak Cara Hamil Setelah KB Suntik

No comment 258 views

Cara Hamil Setelah KB Suntik

Program kontrasepsi merupakan program pengontrolan penduduk yang telah banyak dilakukan dan telah banyak membantu pasangan yang ingin menunda memiliki momongan. Ada banyak metode kontrasepsi yang dapat digunakan, baik berupa pil, alat spiral, hingga suntikan KB. Metode suntikan KB bisa dibilang sangat populer karena harga dari injeksi KB yang cukup terjangkau dengan daya tahan yang lama. Namun bagaimana jika Anda ingin segera cepat hamil setelah menjalani KB suntik? Dan adakah cara hamil setelah KB suntik?

Sayangnya, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada cara hamil setelah KB suntik dalam waktu yang singkat. Hal tersebut disebabkan karena pelepasan cairan KB tersebut bercampur di dalam darah dan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga terlepas dari tubuh Anda dan memungkinkan Anda untuk kembali hamil. Rentang waktu tersebut pada umumnya berkisar antara 3-8 bulan, dan lewat dari itu pada umumnya Anda sudah terbebas dari efek kontrasepsi dan dapat memulai merencanakan kehamilan.  Baca juga: Moms, Yuk Ketahui Ciri dan Gejala Disleksia Pada Anak

Salah satu tips bagi Anda yang ingin dengan segera memperoleh keturunan setelah lepas dari pengaruh KB suntik adalah dengan menghindari stres. Hal tersebut dikarenakan Anda perlu fokus terlebih dahulu untuk menyeimbangkan kadar dan fungsi hormon yang ada di dalam tubuh Anda. Dengan terkena stres, tubuh Anda justru akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan siklus menstruasi Anda menjadi teratur.Dan jika siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur, maka akan semakin kecil pula kemungkinan bagi Anda untuk cepat hamil.

Siklus menstruasi yang kacau, dimana tidak terjadi menstruasi sama sekali disebut dengan amenore. Amenore sendiri terbagi atas 2 jenis, yaitu amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer adalah tidak terjadinya menstruasi sama sekali, sedangkan amenore sekunder adalah terhentinya menstruasi selama 6 bulan atau lebih, terlepas dari bahwa Anda pernah mengalami siklus menstruasi sebelumnya.

Penyebab terjadinya amenore bisa bermacam-macam, dan beberapa wanita mengalami anemore saat memasuki masa pubertas, sebelum masa hamil, selama masa menyusui, hingga setelah memasuki masa menopause. Jika Anda berada di dalam salah satu atau beberapa tahap yang telah disebutkan di atas, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan karena pada umumnya siklus menstruasi Anda akan kembali normal.

Akan tetapi, amenore juga dapat disebabkan oleh adanya kelainan atau kekacauan hormon, dan bisa jadi salah satu penyebabnya adalah penggunaan KB suntik secara terus-menerus. Hal tersebut pastinya menjadi kendala yang cukup merepotkan bagi Anda yang ingin menemukan cara hamil setelah KB suntik, ya? Jika Anda mencurigai bahwa Anda terkena amenore sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan secepatnya.

Memperhatikan pola makan dan memperbanyak konsumsi makanan sehat dapat memperluas peluang Anda untuk cepat hamil setelah Anda lepas dari KB suntik. Sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan fast food dan makanan berlemak karena makanan-makanan tersebut memberikan sedikit sekali nutrisi bagi tubuh. Dan daripada mengemil jajanan berpengawet, sebaiknya Anda menggantinya dengan konsumsi buah dan sayuran. Jangan lupa juga untuk memperbanyak istirahat dan tidur yang cukup.

Untuk melengkapi usaha-usaha agar cepat hamil di atas, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen untuk membantu meningkatkan kesuburan. Akan tetapi, tentu saja Anda tidak boleh sembarangan memilih produk suplemen kesuburan, karena tidak semua suplemen sesuai dan aman bagi tubuh Anda. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk membantu menemukan jenis suplemen kesuburan yang cocok dengan Anda.

Demikianlah informasi dan tips mengenai cara hamil setelah KB suntik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak Cara Hamil Setelah KB Suntik"