Yuk, Simak Cara Melatih Bayi Bicara Berikut Ini

No comment 3214 views

Cara Melatih Bayi Bicara

Saat pertama kali bayi Anda lahir hingga beberapa bulan, bayi Anda hanya dapat berkomunikasi melalui tangisan. Akan tetapi, segera setelah usianya mencapai 9 bulan hingga 2 tahun ,bayi akan mulai belajar untuk mengucapkan beberapa kata. Pada awalnya, bayi Anda akan terdengar seperti melontarkan kata-kata acak yang hanya dapat dimengerti oleh ibundanya, akan tetapi lama-kelamaan Anda diharapkan untuk mulai mengajarinya untuk berbicara. Nah, bagi Anda yang baru-baru ini menjalani hidup baru sebagai seorang ibu, berikutlah beberapa cara melatih bayi bicara.

Salah satu cara melatih bayi bicara adalah dengan melatihnya untuk mengucapkan kata-kata yang lebih mudah diucapkan olehnya. Di usianya yang masih sangat muda, bayi Anda baru dapat belajar mengucapkan kata-kata dengan pola konsonan bilabial, seperti “mama”, “papa”, dan “bobo”. Kata-kata dengan konsonan “M”, “B”, dan “P” telah terbukti lebih mudah diucapkan oleh bayi, sehingga Anda tidak perlu berusaha terlalu keras untuk mengajarinya. Sedangkan, jika Anda ingin melatihnya untuk mengucapkan variasi kata-kata yang lain, Anda akan memerlukan kesabaran lebih dan usaha yang berkali-kali hingga bayi Anda dapat mengucapkannya.

Selain itu, mengajak bayi berbicara sesering mungkin juga dapat membantu bayi berbicara lebih cepat. Contohnya, jika Anda akan mengganti popoknya, berbicaralah dengan nada lembut, dan katakan “tunggu ya, ibu akan ganti popokmu dulu”. Begitu juga jika Anda akan memandikan, memakaikan sepatu, atau mengambilkan mainan untuknya. Dengan begitu anak Anda akan dapat mengerti bahwa ada nama untuk tiap aksi yang Anda lakukan.

Menyediakan alat permainan dengan suara yang lucu juga dapat membantu proses belajar bayi. Contohnya adalah alat permainan piano mini yang menirukan suara hewan-hewan. Anda dapat mengajaknya bermain dengan alat permainan tersebut, dan setiap anak Anda memencet tuts piano, Anda dapat mengeja nama dari hewan tersebut. Seperti kucing untuk suara meongan atau anjing untuk suara gonggongan.

Dan jika semasa Anda hamil, Anda rajin mengajak berbicara bayi Anda, penelitian membuktikan bahwa bayi yang diajak berbicara oleh ibunya selama masa kehamilan dapat meresap kata-kata dan menirukan kata-kata tersebut lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan perlakuan serupa. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini sedang hamil dan membaca artikel ini, alangkah baiknya untuk mulai mengajak berbicara bayi saat ia berusia kurang lebih 25 minggu.

Demikianlah beberapa informasi tentang cara melatih bayi bicara. Tapi, jangan langsung kecewa jika bayi Anda tidak segera dapat berbicara dengan lancar. Tiap bayi memiliki kecepatan berbicara yang berbeda, beda. Jadi jangan terlalu dipaksa ya, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak Cara Melatih Bayi Bicara Berikut Ini"