Yuk, Simak Tanda Kehamilan Minggu Pertama

No comment 376 views

Yuk, Simak Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Kehamilan merupakan sebuah peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu sekaligus perlu untuk disyukuri. Bagi kebanyakan pasangan yang telah menikah, kehamilan bisa jadi merupakan salah satu awal dari lembaran rumah tangga yang akan Anda bina bersama pasangan, dan kehadiran buah hati ke tengah-tengah keluarga kecil Anda akan semakin menambah manis perjalanan bahtera rumah tangga. Akan tetapi, apa sajakah tanda kehamilan minggu pertama?

Pengetahuan akan tanda kehamilan minggu pertama tentunya menjadi hal yang sangat penting, karena dengan demikian Anda akan terhindar dari resiko keguguran pada masa trimester awal dan juga Anda akan terhindar dari harapan palsu yang sering dialami oleh pasangan yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pendeteksian kehamilan. Sedangkan tanda-tanda kehamilan minggu pertama yang dapat Anda deteksi sejak dini antara lain:  Baca juga: Moms, Yuk Ketahui Serba-Serbi Test Darah Saat Hamil!

  • Perubahan Pada Payudara

Tanda pertama yang muncul saat Anda menginjak masa kehamilan di minggu pertama adalah perubahan pada payudara. Saat Anda hamil, tubuh Anda akan mengalami lonjakan produksi hormon kewanitaan yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron. Dampak dari meningkatnya kedua hormon tersebut menyebabkan kalenjar susu yang terdapat di dalam payudara Anda mengalami pembesaran.

Sebagai efek dari pembesaran kelenjar payudara tersebut adalah, payudara Anda akan terasa tegang, berat dan jauh lebih sensitif. Walaupun beberapa dari Anda yang mengalami PMS akan mengalami gejala yang sama, rasa sakit pada payudara saat masa kehamilan awal ini akan terasa jauh berbeda.

  • Timbulnya Pendarahan

Gejala kedua adalah timbulnya bercak darah yang berasal dari vagina Anda. Pendarahan ringan tersebut disebabkan oleh menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim yang pada umumnya terjadi sekitar 6 hingga 12 hari setelah proses pembuahan. Tidak semua ibu hamil mengalami gejala ini, namun jika Anda mengalami pendarahan ringan beberapa hari setelah berhubungan suami istri, ada baiknya Anda segera memperiksakan diri ke dokter kandungan.

  • Sering Merasa Lelah

Gejala selanjutnya yang mungkin timbul sebagai pertanda dari kehamilan di minggu pertama adalah Anda sering merasa lelah dan tidak bertenaga. Anda juga sering merasa jantung Anda berdegup lebih cepat, namun Anda tidak perlu khawatir karena gejala yang Anda alami adalah gejala normal. Hal tersebut disebabkan karena tubuh tengah mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran si kecil di dalam rahim Anda.

Produksi hormon progesteron yang meningkat semenjak hari pertama sejak pembuahan menyebabkan temperatur basal Anda meningkat sehingga menyebabkan Anda merasa tidak bertenaga. Sedangkan jantung Anda juga bekerja ekstra untuk mengirimkan kandungan oksigen ke rahim Anda, hal tersebutlah yang menyebabkan Anda merasa lemas. Untuk meringankan gejala ini, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan meningkatkan konsumsi air untuk mencegah penurunan tekanan darah.

Demikian uraian singkat mengenai tanda kehamilan minggu pertama. Semoga membantu Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak Tanda Kehamilan Minggu Pertama"