Yuk Simak Tips Menghitung Gerakan Bayi

No comment 214 views

Tips Menghitung Gerakan Bayi

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang ibu hamil adalah saat ia dapat merasakan gerakan-gerakan dari janin yang tengah dikandungnya. Gerakan bayi yang menendang-nendang dinding rahim Anda tidak hanya menjadi salah satu cara komunikasi pertamanya dengan Anda, dengan mengetahui tempo gerakan dari janin juga dapat membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan dari bayi Anda. Sehingga, sangatlah penting bagi Anda untuk secara rutin menghitung gerakan bayi.

Untuk menghitung gerakan bayi, Anda tidak dapat melakukannya di masa-masa awal persalinan sehingga Anda tidak perlu panik jika Anda belum dapat merasakan tendangan-tendangan kecil dari bayi Anda. Anda baru dapat merasakan tendangan-tendangan dan gerakan bayi saat Anda menginjak usia kehamilan minggu ke-18, dan Anda baru dapat melakukan penghitungan gerakan bayi yang lebih akurat saat usia kehamilan mencapai 27-28 minggu.

Pertama-tama, sebelum Anda menghitung gerakan bayi Anda, Anda perlu mengetahui bahwa gerakan-gerakan bayi yang akan Anda hitung tidak hanya terbatas pada tendangan-tendangannya saja. Gerakan-gerakan bayi yang lain seperti memutar, tinju, dan bahkan cegukan pun perlu Anda hitung dengan seksama.

Nah, setelah mengetahui gerakan-gerakan bayi yang perlu Anda catat, Anda perlu memposisikan diri Anda senyaman mungkin, karena tidak ada artinya Anda melakukan penghitungan gerakan bayi jika Anda berada dalam posisi yang tidak nyaman. Anda dapat memilih posisi duduk dan bersandar di sofa atau dengan berbaring. Untuk menambah rileksasi sekaligus menajamkan konsentrasi, Anda juga dapat memperdengarkan musik-musik klasik.

Setelah itu, Anda juga perlu memastikan bahwa proses penghitungan gerakan bayi ini dimulai di waktu dimana bayi Anda beraktivitas paling aktif. Tiap bayi memiliki jadwal ang berbeda-beda dimana mereka menunjukkan aktivitas yang paling aktif. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikan dengan jadwal aktif bayi sehingga Anda dapat memperoleh hasil penghitungan yang lebih akurat. Jangan lupa juga untuk melakukannya secara teratur, Moms.

Sedikit tips jika Anda merasa bahwa gerakan bayi Anda terasa lebih lama dari biasanya, Anda dapat berpindah posisi atau melakukan aktivitas ringan seperti berjalan untuk merangsang gerakan bayi kembali. Namun jika dalam jangka waktu 12 jam Anda tidak merasakan gerakan apapun dari bayi Anda, maka alangkah baiknya untuk segera berkonsultasi dan memeriksakan kondisi kandungan ke dokter kandungan Anda.

Demikianlah beberapa tips menghitung gerakan bayi yang dapat Anda terapkan, Moms. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Yuk Simak Tips Menghitung Gerakan Bayi"