Yuk Simak Tips Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama

Tips Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama

Masa-masa kehamilan trimester pertama tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan, namun di saat yang sama juga menjadi saat yang mendebarkan. Setelah lama dinantikan kehadirannya, pada akhirnya anak Anda kini bersemayam di dalam rahim Anda, dan selama 9 bulan ke depan, ia akan sepenuhnya bergantung pada Anda. Apalagi, di masa kehamilan pertama ini, kehamilan Anda tergolong sangat rentan, dan salah dalam memberikan asupan makanan pada bayi Anda akan berpotensi mengakibatkan gangguan lebih lanjut di ke depannya. Tapi Anda tidak perlu khawatir, Moms. Karena inilah beberapa tips merawat kehamilan pada trimester pertama.

  • Hindari Stres

Salah satu tips merawat kehamilan pada trimester pertama yang paling penting adalah, ibu hamil sebisa mungkin menghindari stres. Menginjak usia kehamilan trimester pertama, adalah sangat wajar bagi ibu hamil untuk merasakan ketidakseimbangan emosi. Hal tersebut dikarenakan oleh perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil seringkali menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

Mood swing tersebut apabila tidak diatasi dengan cerdik maka dapat mengakibatkan ibu terkena stres, dan yang pasti dapat berefek negatif pada si jabang bayi. Untuk mengatasi perubahan mood yang drastis tersebut, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan santai dan berenang yang bertujuan untuk memicu hormon endorfin sehingga membuat Anda menjadi lebih tenang dan rileks. Anda juga dapat melakukan meditasi atau yoga.

  • Memperbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan

Apabila sebelum Anda lahir Anda dapat menyantap makanan apapun yang Anda suka, Anda harus berpikir 1000 kali saat sekarang bayi Anda berada di dalam kandungan, terutama di masa kehamilan trimester pertama. Hentikan mengkonsumsi makanan berpengawet, gorengan, dan makanan berminyak, karena makanan tersebut hampir tidak mengandung nutrisi apapun yang menguntungkan kehamilan Anda. Justru, makanan tersebut dapat mengakibatkan Anda terkena hipertensi yang dapat berujung pada komplikasi kehamilan.

Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur. Buah-buahan dan sayur kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi, gejala gangguan pencernaan yang lazim terjadi pada ibu hamil. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung kalsium dan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh bayi selama masa perkembangannya.

  • Beristirahat Yang Cukup

Salah satu gejala kehamilan yang pada umumnya akan Anda rasakan adalah Anda akan mudah sekali merasakan kelelahan. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidak beraktivitas terlalu banyak dan beristirahat sebanyak mungkin. Untuk berolahragapun jangan berolahraga yang terlalu berat, berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk menemukan jenis olahraga ibu hamil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Demikianlah 3 tips merawat kehamilan pada trimester pertama. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Yuk Simak Tips Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama"