Yuk, Simak Tips Parenting Ala Orangtua Generasi Millenial

Katalogibu– Membesarkan anak di zaman milenial butuh usaha ekstra dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Perkembangan dunia digital tak hanya memberi kemudahan, malah kadang membuat gap antara orangtua dan anak. Orangtua generasi millennial atau generasi Y adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1980-1990, yang biasa disebut dengan generasi internet atau versi kerennya adalah iGen. Lalu bagamaian cara mengasuh anak ala milenial? Berkut ulasannya.

  1. Menjadi sahabat untuk si anak

Menjadi orangtua tentu saja harus bisa menjadi panutan yang baik untuk si anak. Namun, selain sebagai sosok ayah dan ibu, orangtua juga harus bisa menjadi sahabat untuk anak. Dengan memposisikan diri sebagai sahabat, anak tidak akan pernah sungkan bercerita apapun pada kita dan juga kita dapat dengan mudah mengontrolnya.

  1. Menjaga privacy dunia maya

Tidak heran lagi sekarang ini teknologi sudah semakin canggih serta dapat menciptakan hal-hal baru, khususnya untuk orangtua milenial yang tidak asing lagi dengan social media. Seringkali kita melihat orangtua milenial mengupload foto anak-anak mereka di dunia maya yang lucu dan menggemaskan. Namun taukah moms? bahwa disamping itu juga orangtua perlu waspada dan harus menjaga privasi si anak agar tidak terjadi hal-hal yang tak di inginkan.

  1. Beraktivitas Tanpa Gadget

Tetap saja gadget bukan yang diutamakan dalam aktivitas anak. Kenapa? karena, teori no gadget tersebut membuat orangtua milenial semakin kreatif dalam menciptakan aktivitas bersama anak mulai dari membaca buku, bermain mainan yang mengedukasi, hingga aktivitas outdoor seperti berolaharga dan lain-lain. Dengan demikian anak pun akan belajar banyak hal dari kegiatan yang dilakukannya seperti, bersosialisasi dengan temannya yang mana dapat mengasah kemampuan berkreasinya.

  1. Saling Menginspirasi Orangtua Millenial Lainnya

Zaman sekarang, kita banyak menemukan orangtua yang memanfaatkan media sosial sebagai tempat berbagi atau sharing. Lewat sosial media, kita bisa belajar banyak pengetahuan baru serta wawasan positif dan dapat saling menginspirasi sesama orangtua lainnya.

  1. Orangtua jadi contoh yang baik

Anak-anak belajar bertoleransi dengan mengamati interaksi ayah dan ibu serta orang-orang di dekatnya dengan orang lain. jika Anda menghormati orang tanpa pandang bulu, anak cenderung mengikuti juga.

Demikian tips-tips parenting di atas untuk mengasuh anak ala milenial yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat bagi yang sudah berkeluarga ataupun yang belum, mungkin bisa jadi bekal saat jadi orangtua nanti.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak Tips Parenting Ala Orangtua Generasi Millenial"