Yuk, Waspadai Penyebab Terjadinya Persalinan Prematur

 

Penyebab Terjadinya Persalinan Prematur

Setiap orangtua, terutama seorang ibu yang sedang hamil tentunya mengharapkan bahwa buah hati yang dikandungnya berkembang dengan baik dan senantiasa dalam keadaan sehat hingga saatnya ia terlahir ke dunia 9 bulan kemudian. Akan tetapi dalam beberapa kasus pengharapan tersebut tidak diiringi dengan pengetahuan yang cukup sehingga menyebabkan bayi terlahir sebelum waktunya, atau yang juga dikenal dengan nama bayi prematur. Apa sajakah penyebab terjadinya persalinan prematur?

  • Kondisi Fisik dan Psikologis Ibu Yang Tidak Sehat

Penyebab terjadinya persalinan prematur yang cukup sering terjadi adalah akibat kondisi fisik maupun kondisi psikologis ibu yang tidak mendukung. Ibu hamil yang rawan melahirkan bayinya dalam keadaan prematur adalah ibu-ibu yang selama masa kehamilannya memiliki masalah kesehatan seperti hipertensi yang mengakibatkan adanya infeksi yang disebut dengan eclampsia.

Kondisi psikologis ibu hamil yang labil juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya kelahiran prematur. Rasa cemas, takut, dan emosi-emosi negatif yang berlebihan dapat mengganggu produksi hormon di dalam tubuh ibu hamil. Dan jika dibiarkan begitu saja bukan tidak mungkin jika hal tersebut mengganggu masa kehamilan dan mengakibatkan bayi terlahir secara prematur.  Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

  • Nutrisi Bayi Yang Tidak Terpenuhi

Penyebab umum lain yang menjadi penyebab kelahiran prematur adalah tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sehingga menyebabkan bayi terlahir prematur.

Di usia yang masih dalam hitungan beberapa bulan, bayi memiliki sistem antibodi yang belum terbentuk dengan sempurna sehingga satu-satunya yang bisa ia andalkan untuk menangkal virus penyakit yang mengancamnya adalah melalui asupan makanan yang Anda berikan.  Tidak terpenuhinya tuntutan tersebut membuat bayi menjadi lebih rentan terhadap penyakit sehingga mengakibatkan bayi terlahir lebih awal dari waktu sebelumnya.

  • Usia Ibu Yang Masih Terlampau Muda

Anda mungkin sedikit terkejut dengan kenyataan ini, karena walaupun pernikahan di bawah umur sudah dilarang oleh negara, namun masih banyak perempuan-perempuan muda berusia di bawah 20 tahun yang telah menikah dan bahkan mengandung anak (terutama di daerah pedesaan).

Tindakan tersebut tentunya sangat berisiko, karena tidak hanya mereka memiliki pola pikir yang masih kekanak-kanakan, organ rahim mereka juga masih belum siap untuk menampung janin. Sehingga jika seorang perempuan hamil di usia muda tersebut, besar kemungkinan mereka akan mengalami keguguran, atau bahkan bayi yang dikandung terlahir dalam keadaan prematur.

Demikianlah beberapa penyebab terjadinya persalinan prematur. Bayi prematur pada umumnya memiliki sistem organ dan sistem antibodi yang belum terbentuk dengan sempurna sehingga mereka sangatlah ringkih dan rentan terhadap penyakit. Namun, dengan perawatan yang intensif tidak menutup kemungkinan bahwa bayi prematur pun dapat tumbuh besar dan menjalani kehidupan yang normal sama seperti bayi-bayi yang lain. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Waspadai Penyebab Terjadinya Persalinan Prematur"