4 Dampak Ibu Hamil Konsumsi MSG

No comment 1439 views

Selama Anda mengandung 9 bulan, sudah tentu ibu akan lebih mindful terhadap apa yang Anda konsumsi. Karena makanan dan minuman apapun yang diserap oleh tubuh Anda, nantinya juga akan ikut terserap oleh bayi Anda. Dan salah satu makanan yang paling membuat ibu hamil waswas adalah makanan dengan tambahan bumbu penyedap rasa atau MSG. MSG (Monosodium Glutamate) sudah sangat sering dijumpai di berbagai jenis makanan, tujuannya sudah tentu untuk memperkaya cita rasa makanan tersebut. Dengan semakin modernnya peradaban manusia, semakin banyak pula orang yang parno dengan jenis penyedap rasa ini. MSG sering dikaitkan sebagai penyebab dari menurunnya kemampuan berpikir seseorang. Benarkah hal tersebut, dan bagaimana jika ibu hamil konsumsi MSG?

Kenyataannya, MSG tidak se-mengerikan seperti apa yang kita dengar belakangan ini kok, Moms. Sampai saat ini belum ada penelitian pasti yang membuktikan adanya dampak negatif dari ibu hamil konsumsi MSG. Konsumsi MSG dalam skala yang kecil dan wajar menunjukkan tidak adanya perubahan kesehatan yang negatif sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa dalam kadar tertentu sebenarnya MSG tidak berbahaya dan dapat dengan mudah dinetralisir oleh tubuh.

Yang berbahaya adalah jika Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan MSG tinggi secara terus-menerus. Karena bagaimanapun, sifat MSG begitu masuk ke dalam tubuh hampir sama dengan garam yaitu menahan cairan di dalam tubuh. Akibatnya, tidak hanya ibu terancam terkena dehidrasi tapi juga kegemukan lho.

Dengan tertahannya air sebagai komponen pelarut lemak, hal tersebut mengakibatkan lemak kolesterol di dalam tubuh Anda menumpuk. Penumpukan lemak kolesterol di dalam dinding pembuluh darah arteri bisa menghambat aliran darah sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan serius yaitu hipertensi. Hati-hati, Moms! Hipertensi pada ibu hamil berpotensi memicu terjadinya preeclampsia lho. Preeclampsia tidak hanya mengancam keselamatan janin yang ada di dalam rahim Anda, tapi juga bisa berdampak pada kerusakan organ-organ vital ibu hamil.

Konsumsi MSG juga bisa memperparah morning sickness, terutama jika Bunda termasuk tipe orang yang sangat sensitif terhadap zat penyedap rasa. Reaksi intoleransi terhadap MSG salah satunya adalah mual, yang kalau dibiarkan berlarut-larut bisa memicu terjadinya morning sickness akut atau hyperemesis gravidarum. Hyperemesis gravidarum bisa memicu terjadinya keguguran karena bayi Anda tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan awalnya.

Itulah yang terjadi jika ibu hamil konsumsi MSG secara berlebihan. Walaupun Moms tidak perlu menghindari makanan dengan kandungan MSG sama sekali, ada baiknya Anda mengimbanginya dengan makanan-makanan kaya akan nutrisi seperti buah dan sayuran serta minum air putih yang cukup.

author
No Response

Leave a reply "4 Dampak Ibu Hamil Konsumsi MSG"