2 Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebab Perubahan Bau Pada Vagina

woman-kitchen-oops-e1386122699233

Vagina adalah organ reproduksi yang sangat penting bagi setiap kaum Hawa. Dan seperti organ-organ tubuh lainnya, Anda perlu memastikan bahwa organ satu ini tetap sehat. Apalagi mengingat vagina adalah bagian tubuh yang selama 24 jam tertutupi oleh pakaian. Dan kalau kita tidak hati-hati, kelengahan kita bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan vagina, yang tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan tapi juga  bisa membahayakan kesehatan reproduksi Anda. Salah satu tanda dari vagina yang bermasalah adalah ketika vagina menimbulkan bau yang tidak sedap. Apa ya yang menjadi faktor penyebab perubahan bau pada vagina?

  • Membilas Vagina dari Arah Belakang ke Depan

Biasanya kebiasaan satu ini sering dilakukan jika Anda memiliki fasilitas toilet duduk dengan pembilas di bagian belakang. Sekilas memang terkesan harmless, tapi membilas vagina dari arah belakang ke depan (atau yang disebut dengan vaginal douche) ini menjadi salah satu penyebab perubahan bau pada vagina, lho.

Alasannya adalah karena ketika Anda membilas vagina dari arah belakang ke depan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa bakteri yang terdapat pada liang anus terbawa ke liang vagina. Akibatnya bakteri tersebut pun akan menginvasi vagina Anda dan mengakibatkan infeksi. Salah satu gejala dari infeksi vagina itu adalah timbulnya bau tak sedap dari vagina Anda. Jadi berhati-hatilah, Vems!

  • Memakai Celana Dalam Ketat atau Celana Jeans

Terdengar sepele ya? Tapi sebenarnya mengenakan celana dalam ketat atau celana jeans bisa mengakibatkan gangguan pada vagina lho. Seperti area kulit di bagian tubuh Anda yang lain, kulit pantat dan kulit di sekitar vagina Anda pun bernapas. Saat Anda mengenakan celana tebal seperti jeans atau celana dalam yang terlalu ketat, area di sekitar vagina Anda akan menjadi lembap akibat sirkulasi udara yang tidak lancar.

Dan tahu sendiri kan bakteri dan jamur suka banget dengan lingkungan yang lembap. Akibatnya, pertumbuhan jamur dan bakteri akan merajalela sehingga mengakibatkan infeksi jamur. Gejalanya tak hanya keputihan tapi juga munculnya bau yang tidak sedap dari vagina. Jadi alangkah baiknya untuk mengenakan celana dalam dari bahan katun dengan ukuran yang pas. Selain itu, ganti saja celana jeans Anda dengan celana jenis kain katun yang lebih bisa menyerap keringat dan memungkinkan sirkulasi udara di area vagina.

Kita memang tidak bisa meremehkan hal-hal yang terlihat sepele. Karena terbukti bahkan hal sepele seperti 2 hal di atas bisa menjadi penyebab perubahan bau pada vagina.

author
No Response

Leave a reply "2 Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebab Perubahan Bau Pada Vagina"