3 Aktivitas Ini Jadi Cara Mengembangkan Bakat Anak

Setiap anak tercipta sebagai individu yang berbeda dan unik. Mereka terlahir dengan satu set sifat, kepribadian, dan juga bakat yang jika dikembangkan dapat membawa mereka menemukan mimpi mereka kelak. Tapi, mereka masih belum dapat menemukannya sendiri. Anda sebagai orangtualah yang bertugas untuk membantu anak Anda menemukan bakat alaminya. Dan Katalog Ibu punya rekomendasi berbagai macam aktivitas yang bisa digunakan sebagai cara mengembangkan bakat anak. Simak yuk informasinya berikut ini.

  • Mendesain Miniatur Taman Bermain

Cara mengembangkan bakat anak yang paling pertama adalah dengan meningkatkan kepekaan Anda terhadap hal-hal yang menarik minat si kecil. Jika si kecil terlihat sangat asyik bermain dengan permainan menyusun balok, atau terlihat sangat antusias saat diajak berwisata ke tempat wisata bangunan dengan arsitektur unik, bisa jadi anak Anda berminat untuk menjadi seorang arsitek atau insinyur.

Untuk membantu menggali lebih dalam bakat yang dimilikinya, cobalah ajak si kecil untuk mengunjungi playground atau tempat bermain, dan tanyakan alat permainan apa yang paling ia suka, atau alat permainan seperti apa yang mungkin bisa ia wujudkan. Membangun miniatur taman bermain dari kardus atau sedotan juga bisa membantunya mengasah kemampuannya dalam merancang dan mengkonstruksi sesuatu .

  • Mengajak Si Kecil Bermain Peran

Di usianya yang masih sangat muda si kecil memiliki imajinasi yang sangat luas. Dan seringkali ia mewujudkan imajinasi tersebut dengan berpura-pura berperan sebagai salah satu tokoh film favoritnya, contohnya seperti tokoh superhero. Galilah lebih lanjut imajinasinya dengan bertanya kekuatan super seperti apa yang ingin ia miliki dan gelar superhero apa yang ia inginkan.

Wujudkan persona superheronya dengan membuatkannya kostum superhero dan bermain peranlah bersama dia. Anda mungkin bisa berperan sebagai tokoh monster yang nanti akan dikalahkannya, atau Bunda juga bisa berperan sebagai partner-nya dalam membela kebenaran dengan meminta pasangan Anda berperan sebagai monster.

  • Ajak Anak Membentuk Klub Membaca

Anak Anda suka membaca buku? Perluas kemampuan reading comprehension dan analisisnya dengan mengajaknya membaca berbagai macam buku yang sesuai untuknya. Jangan lupa untuk meminta ia untuk menuliskan rangkuman cerita dari buku yang telah ia baca, diskusikan bersamanya tentang plot favoritnya di dalam cerita tersebut. Akan lebih asyik lagi jika Anda juga mengajak teman-teman dekatnya untuk ikut serta. The more the merrier!

Demikianlah beberapa ide aktivitas yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengembangkan bakat anak. Semoga ide dari Katalog Ibu di atas menginspirasi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Aktivitas Ini Jadi Cara Mengembangkan Bakat Anak"