3 Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi

No comment 151 views

Selama 6 bulan pertama, bayi hanya bisa mendapatkan asupan nutrisi yang ia butuhkan melalui ASI yang Anda berikan. Tapi tidak jarang sesi menyusui tersebut berujung pada puting payudara Anda menjadi sakit dan lecet. Menyusui bayi dengan kondisi puting yang lecet pasti membuat Anda merasa tidak nyaman. Di saat seperti itu, Anda bisa menyusui bayi dengan menampung ASI di dalam botol susu bayi sebagai variasi hingga puting susu Anda membaik. Dan karena botol susu tersebut menampung ASI yang akan langsung masuk ke dalam tubuh, sudah sepatutnya Anda juga memperhatikan kebersihan dari botol susu tersebut, kan? Simak cara sterilisasi botol susu dari Katalog Ibu berikut, yuk!

  • Sterilisasi Botol Susu dengan Merebus Botol

Cara ini adalah metode sterilisasi botol yang paling mudah karena sangat sederhana. Yang Bunda butuhkan hanyalah memanaskan air di dalam panci hingga air mendidih. Setelah itu, masukkan seluruh bagian botol yang sudah dipisah-pisahkan sebelumnya ke dalam panci. Biarkan botol terebus hingga 5-10 menit. Angkat dan keringkan bagian-bagian botol susu dengan menggunakan handuk bersih.

Tapi sebelum menggunakan metode ini, ada baiknya Anda memperhatikan dulu petunjuk yang terdapat di dalam kardus kemasan botol tersebut. Terutama pada botol bayi plastik, yang kemungkinan besar mengandung senyawa polutan bisphenol A (BPA). Zat kimia ini akan terbentuk akibat tindakan pemanasan. Pilihlah botol bayi dengan label “BPA Free”, atau pilih metode sterilisasi lain yang lebih aman.

  • Sterilisasi Botol Susu dengan Microwave

Setingkat lebih aman dari metode pertama, cara sterilisasi botol susu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 90 detik saja. Botol susu yang disterilisasi dengan cara inipun tidak menyisakan bau atau ASI yang tersisa, sehingga tak heran trik satu ini disukai oleh para ibu menyusui. Sebelum menyalakan microwave, pastikan bahwa botol susu tidak dalam keadaan tertutup untuk mencegah terjadinya pengumpulan hawa panas yang bisa mengakibatkan botol susu tersebut meledak.

  • Sterilisasi Botol Susu dengan Air Dingin

Tidak hanya memanfaatkan suhu panas, Anda pun bisa membersihkan botol susu bayi dengan menggunakan air dingin lho. Anda cukup menyediakan wadah tertutup yang diisi dengan air dingin. Rendam botol susu dan dot bayi di dalamnya, tutup rapat dan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air mengalir, keringkan dengan handuk bersih, dan simpan di tempat yang bersih.

Bagaimana, Moms? Selamat mempraktekkan cara sterilisasi botol susu bayi di atas.

author
No Response

Leave a reply "3 Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi"