3 Fakta Seputar Keguguran yang Wajib Kita Semua Ketahui

Miscarriage atau keguguran adalah salah satu komplikasi yang paling tidak diinginkan oleh semua ibu hamil. Dan itu adalah hal yang masuk akal, karena tak ada harapan yang lebih besar yang dipanjatkan oleh ibu hamil selain keselamatan janin yang tengah dikandungnya. Keguguran (spontaneous abortion) terjadi di usia kehamilan minggu ke-20. Berbeda dari anggapan banyak orang, keguguran bukanlah peristiwa stillbirth, karena stillbirth adalah kejadian matinya janin di usia kehamilan di atas 20 minggu.

Sayangnya, masih banyak elemen masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai topik keguguran. Padahal, semakin banyak informasi yang kita dapatkan, semakin besar pula peluang Anda untuk mencegah keguguran janin Anda. Simak yuk apa saja fakta seputar keguguran yang wajib diketahui oleh semua perempuan.

  • Keguguran bukanlah peristiwa yang langka”. Demikianlah pernyataan yang dilontarkan oleh seorang ahli di bidang Kesehatan Perempuan dan Ginekologi yaitu Siobhan Dolan, MD, MPH. Memang, menurut data yang dimiliki American Congress of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa kasus keguguran dalam kehamilan hanyalah sebesar 10 persen. Tapi peristiwa keguguran bisa saja terjadi bahkan sebelum seorang perempuan menyadari bahwa ia tengah mengandung. Ditambah lagi, kebanyakan perempuan yang pernah mengalami keguguran memutuskan untuk tidak terbuka atau bahkan mengetahui fakta seputar keguguran.

Menurut profesor kebidanan dan ginekologi sekaligus direktur divisi Keluarga Berencana di University of Washington School of Medicine di Seattle bernama Sarah Prager, MD, peristiwa keguguran berpotensi terjadi pada sepertiga dari populasi perempuan. Resiko tersebut pun bakal meningkat seiring dengan bertambahnya usia Anda.

  • Anggapan bahwa olahraga menyebabkan keguguran adalah mitos. Atau lebih tepatnya, hanya sebagian dari pendapat tersebut yang merupakan mitos. Karena sebenarnya keguguran dapat dicegah dengan olahraga. Tapi tentu saja, Bunda perlu berhati-hati dalam memilih jenis olahraga yang akan Anda lakukan. Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti berjalan santai, berenang, maupun yoga. Sebaliknya, Anda sangat tidak disarankan untuk melakukan jenis olahraga berat seperti lari marathon, olahraga basket, dan olahraga-olahraga berat lainnya. Jangan lupa untuk jangan memaksakan diri ketika Anda mulai merasa lelah, Moms.

 

  • Peristiwa keguguran pasti akan menimbulkan dampak psikologis pada ibu. Rasa kehilangan atau self-blaming adalah dua dari emosi yang bisa jadi menghinggapi seorang ibu yang baru saja mengalami keguguran. Dan itu adalah hal yang sangat wajar. Tak peduli seberapa awal kehamilan Anda, Anda pasti sudah memiliki satu ikatan dengan calon janin Anda. Berikan waktu bagi diri Anda untuk bergabung, namun jangan lepas harapan karena sesungguhnya seorang perempuan yang pernah mengalami keguguran masih memiliki peluang untuk kembali hamil.

Demikianlah 3 fakta seputar keguguran. Semoga informasi dari Katalog Ibu di atas bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Fakta Seputar Keguguran yang Wajib Kita Semua Ketahui"