3 Karakteristik Mood Swings Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Seorang perempuan yang menjalani masa kehamilan selalu digambarkan tengah diliputi perasaan berbahagia. Kecuali, banyak dari masyarakat yang tidak menyadari bahwa hampir mayoritas ibu hamil harus menghadapi suasana mood yang berbeda-beda, dan yang jelas itu bukanlah hal yang menyenangkan. Mood swings saat hamil terjadi gara-gara gejolak hormon terutama hormon reproduksi progesteron dan estrogen di dalam tubuh.

Biasanya Anda akan mengalami mood swing selama masa trimester pertama dan perlahan-lahan mereda begitu Anda menginjak usia kehamilan lanjut. Tapi ada kalanya mood swings tersebut terjadi selama masa kehamilan, bahkan setelah Anda melahirkan. Dan berikut adalah karakteristik mood swings saat hamil yang pastinya relatable bagi hampir semua ibu hamil dimanapun Anda berada.

  • Perubahan Mood Bahagia ke Mood Sedih yang Sangat Cepat

Ada saat Anda membentak dan marah-marah kepada pasangan Anda, namun beberapa menit kemudian Anda ingin bermanja-manja dengan mereka. Atau Anda awalnya merasa sangat bahagia, namun 5 menit kemudian Anda menangis gara-gara perkara sepele.  Bahkan, ada kalanya Anda merasa down hingga ingin rasanya menggugurkan kandungan Anda. Drastisnya perubahan mood tersebut sudah pasti membuat pasangan Anda merasa bingung, apalagi bagi Anda!

Tapi Moms, Anda tidak perlu merasa bersalah atas ketidakberdayaan Anda. Tubuh Anda saat ini tengah menjalani perubahan fisiologis yang sangat massive, dan fluktuasi hormon yang terjadi tak jarang mengacaukan syaraf transmitter di otak. Overall, Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir dengan perubahan mood ini. Tapi jika Anda merasakan gejala depresi seperti rasa sedih yang sangat luar biasa hingga muncul keinginan untuk bunuh diri, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.

  • Anda Jadi Mudah Lupa

Ya, adalah hal yang wajar ketika pikiran Anda mendadak blank atau bahkan Anda jadi mudah merasa lupa. Perubahan yang terjadi selama kehamilan menguras energi yang dimiliki oleh tubuh Anda. Sehingga tak heran ibu jadi mudah lupa atau mungkin jadi sedikit ceroboh. Bisa jadi itu pertanda bagi Anda untuk beristirahat dan menyerahkan tanggung jawab rumah tangga kepada pasangan dan kerabat keluarga Anda yang lain.

  • Anda Jadi Super Sibuk

Semakin dekat dengan hari persalinan, entah mengapa Anda jadi semakin cerewet dalam hal membereskan rumah. Pokoknya Anda ingin memastikan bahwa rumah Anda bersih, nyaman, dan sempurna untuk menyambut si kecil. Tendensi untuk membersihkan lingkungan Anda mendekati masa persalinan disebut dengan Nesting Syndrome. Walaupun memiliki imbuhan kata “syndrome”, sebenarnya hal tersebut lebih bersifat naluriah yang juga ditemukan bahkan pada hewan seperti burung, anjing dan kucing.

Jadi, demikianlah 3 karakteristik mood swings saat hamil. Adakah karakteristik di atas yang pernah atau sedang Anda alami?

author
No Response

Leave a reply "3 Karakteristik Mood Swings Saat Hamil dan Cara Mengatasinya"