3 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Kehamilan, walaupun menjadi masa yang paling menyentuh dan membahagiakan bagi seorang ibu hamil, juga merupakan hal yang sangat rentan. Sehingga demi buah hati yang tengah ia kandung, seorang ibu hamil pasti akan berusaha memastikan bahwa ia mengkonsumsi makanan bernutrisi untuk mendukung tumbuh kembang buah hatinya. Insting protektif tersebut juga pasti akan meningkat begitu si kecil hadir dalam pelukan Anda. Selama 6 bulan ke depan, ia akan sangat bergantung pada kualitas ASI yang Anda berikan. Jadi tidak hanya Anda perlu tahu makanan yang wajib dikonsumsi, tapi juga perlu mewaspadai makanan yang perlu dihindari ibu menyusui.

  • Minuman Beralkohol

Apakah Anda termasuk peminum alkohol untuk tujuan rekreasi? Jika ya, maka Moms pasti sudah berusaha cukup keras untuk berhenti mengkonsumsi alkohol selama hamil. Tapi, sekarang setelah si kecil lahir amankah bagi Anda untuk kembali mengkonsumsi alkohol? Atau alkohol masih termasuk ke dalam makanan yang perlu dihindari ibu menyusui?

Anda boleh saja mengkonsumsi minuman beralkohol. Tapi Anda perlu menunggu hingga zat alkohol yang beredar di dalam darah Anda telah dikeluarkan seluruhnya dari dalam tubuh sebelum menyusui. Hal tersebut bertujuan agar kandungan alkohol tersebut tidak masuk ke dalam tubuh si kecil melalui ASI. Paling tidak tunggu hingga 2-3 jam, walaupun durasi tersebut bisa bertambah bergantung dari seberapa banyak konsumsi alkohol Anda.

  • Ikan

Mengkonsumsi ikan memang sangat disarankan untuk mendukung tumbuh kembang otak bayi. However, Bunda juga perlu mewaspadai akan adanya kemungkinan ikan yang Anda konsumsi tercemar merkuri. In fact, hampir semua jenis ikan laut pasti memiliki kadar merkuri di dalamnya. Selama Anda mengkonsumsi ikan berukuran kecil dan sedang dalam frekuensi yang wajar, maka tidak akan ada masalah.

Tapi Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan-ikan berukuran besar seperti hiu, ikan pedang, mackerel, dan ikan tilefish. Ikan-ikan tersebut memiliki konsentrasi merkuri yang sangat tinggi di dalam dagingnya, dan tentu saja hal tersebut dapat mengakibatkan Anda dan bayi Anda terkena keracunan merkuri.

  • Makanan atau Minuman dengan Kadar Laktosa dan Protein Tinggi

Beberapa bayi bisa jadi intoleran terhadap laktosa maupun alergi terhadap protein tinggi. Apabila bayi Anda menunjukkan gejala seperti kolik, diare, eksim, dan gejala-gejala alergi seperti timbulnya bercak-bercak merah nan gatal, maka Anda wajib mewaspadai makanan dan minuman berikut ini:

  • Susu
  • Kedelai
  • Gluten
  • Telur
  • Kacang tanah dan kacang pohon (almond, kacang mede)
  • Buah-buahan sitrus

Demikianlah 3 makanan yang perlu dihindari ibu menyusui. Semoga informasi di atas bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui"